Bisnis UKM - Direktori Info UKM, Event Bisnis UKM, Berita Bisnis UKM,  Peluang Usaha UKM, Produk UKM & UMKM
Trend Pemasaran Bisnis Online di Tahun 2023

Trend Pemasaran Bisnis Online di Tahun 2023

Trend Pemasaran Bisnis Online di Tahun 2023 Yang Wajib Dicoba. Memasuki pertengahan tahun 2023 pemasaran bisnis online tentu sangat dibutuhkan.

Hal ini didasari karena banyak pengusaha maupun pelaku pasar yang mulai mengevaluasi dan memperbaiki perjalanan bisnisnya selama setahun kebelakang dan mulai membuat perencanaan strategi baru untuk memenangkan persaingan pasar di tahun depan.

Jika di tahun sebelumnya trend pemasaran bisnis online mulai mewabah di kalangan masyarakat, maka di tahun 2023 ini diprediksikan trend tersebut akan semakin meningkat pesat seiring dengan mudah dan murahnya akses internet dari berbagai tempat.

 

Daftar Isi
• Trend Pemasaran Bisnis Online
• Mengganti website jadul dengan media promosi yang interaktif
• Pelajari perubahan trend pada strategi SEO
• Mobile Friendly
• Video Marketing
• Gunakan Tools Untuk Analisis
• Kelola konsumen dengan bijak

Trend Pemasaran Bisnis Online

Nah, untuk menghadapi gempuran persaingan di ranah online yang semakin ketat, berikut ini kami informasikan trend pemasaran bisnis online di tahun 2023 yang bisa coba Anda jalankan untuk memenangkan persaingan pasar.

 

Mengganti website jadul dengan media promosi yang interaktif

Untuk pemasaran bisnis online pertama yang bisa Anda terapkan adalah mengganti website jadul dengan media promosi.

Jika dulunya situs blog atau website hanya digunakan para pengusaha sebagai ajang curhat atau berbagi cerita kepada para konsumennya guna mengambil simpati mereka dan membangun personal branding sang pengusaha.

Maka sekarang ini tidak banyak orang yang memiliki waktu luang untuk membaca tentang betapa hebatnya Anda dan aktivitas apa saja yang Anda lakukan setiap harinya.

Sekarang ini konsumen sudah cukup cerdas, sehingga mereka lebih tertarik untuk membaca informasi yang berguna dan sesuai dengan kebutuhan yang sedang mereka cari saat ini.

Karena itu, ada baiknya bila Anda tidak hanya menjadikan website sebagai lapak online saja namun juga menjadikannya sebagai media promosi yang interaktif sehingga calon konsumen bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat dari website Anda dan tertarik untuk memberikan respon positif pada barang dagangan Anda.

 

Pelajari perubahan trend pada strategi SEO

Tak hanya trend permintaan pasar saja yang mengalami perubahan, teknik SEO dalam mengembangkan bisnis online ternyata juga mengalami beberapa perubahan sesuai dengan algoritma pencarian Google.

Pastikan bila Anda memiliki bekal ilmu SEO, agar Anda bisa mengetahui teknik SEO yang masih berfungsi serta teknik apa saja yang sekarang ini sudah tidak efektif lagi untuk digunakan. Hal ini sangatlah penting, karena pada kenyataannya teknik SEO lama yang masih digunakan justru bisa mematikan visibilitas website Anda.

 

Mobile Friendly

Pemasaran bisnis online yang selanjutnya adalah mobile friendly. Seperti kita ketahui bersama, sekarang ini lebih dari 62% masyarakat Indonesia mulai mengakses internet via handphone (telepon genggam).

Bahkan kebiasaan tersebut mampu menggantikan peran warnet (warung internet) yang sebelumnya menjadi tempat alternatif untuk bisa mengakses internet. Melihat perubahan tersebut, ada baiknya bila website yang Anda miliki juga mulai dikemas mobile friendly agar konsumen Anda tidak kesulitan untuk mengakses situs yang Anda miliki via mobile.

 

Video Marketing

Cara yang satu ini merupakan pemasaran bisnis online yang cukup ampuh digunakan dalam pemasaran online 2023 ini. Di era modern ini banyak orang lebih menyukai pemasaran dalam bentuk video dibandingkan dalam bentuk tulisan.

Dengan tulisan mereka akan mudah bosan untuk membaca apalgai konten terlalu panjang.

Nah salah satu cara yang bisa Anda gunakan dengan mengandalkan video marketing.

Dalam satu hari saja orang mampu menghabiskan beberapa jam untuk browshing dan mencari informasi dan berita terupdate. Cobalah untuk memanfaatkan video sebagai media marketing.

Anda bisa memasarkan lewat youtube maupun di media sosial. Mengapa harus menggunakan video? karena orang cenderung lebih menyukai iklan dalam bentuk gambar karena mudah untuk divisualisasi. Maka upayakan untuk membuat video semanarik mungkin.

 

Gunakan Tools Untuk Analisis

Untuk dapat meningkatkan penjualan maka Anda perlu adanya riset. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, nah 2 tools berikut ini bisa digunakan untuk melihat trend masa kini. Ada 2 tools yakni google analytic dan google trend. Trend apa yang dibutuhkan? yakni melihat apa yang paling dibutuhkan dan dicari customer.

Anda pun dapat melihat data konsumen secara lengkap mulai daerah, usia, jenis kelamin dan halaman yang banyak dikunjungi. Anda pun juga bisa menganalisa trend apa yang sedang hangat dan berkaitan dengan produk. Dengan begitu Anda bisa menggunakan trend ini sebagai bahan untuk melakukan promosi.

 

Kelola konsumen dengan bijak

Meskipun di halaman website Anda telah tersuguh beragam jenis informasi, namun tidak sedikit konsumen yang akhirnya masih membutuhkan pelayanan Anda seperti halnya para pembeli di toko offline. Karena itu, kelola konsumen dengan bijak baik melalui sistem online maupun offline.

Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan chating online, kolom komentar, fasilitas email, maupun sms dan telepon marketing untuk mencarikan solusi bagi setiap permasalahan yang dihadapi konsumen. Semakin sering mereka terbantu oleh Anda, maka semakin besar pula loyalitas yang mereka berikan untuk bisnis Anda.

Sudah siap menyambut sukses besar Anda di tahun 2023? Mulailah dari hal-hal yang paling kecil, mulailah dari langkah-langkah yang paling mudah, dan optimalkan strategi pemasaran bisnis online Anda dari sekarang! Salam sukses.

 

 

Trend Bisnis Online di Tahun 2023!

Sejak pandemi COVID-19, transaksi digital bertumbuh pesat.

Buktinya, nilai belanja produk lewat website/apps e-commerce di Indonesia naik 67%. Yang tadinya Rp671 triliun menjadi Rp1.001 triliun (TrenAsia, 2021). Dan, diprediksi akan meningkat 100% lebih pada 2025.

Tentunya, ini tidak lepas dari kehadiran e-commerce dan tren belanja online yang berkembang di masyarakat.

Pertanyaannya, setelah pandemi mereda, akankah trend bisnis online menyusut? Atau, malah tetap menjadi peluang cuan bagi Anda?

Nah melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda melihat prediksi trend bisnis online di tahun 2023. Bukan asal tebak, prediksi ini kami buat berdasarkan data riil dari berbagai sumber yang kredibel.

Penasaran? Yuk meluncur ke bawah!

 

Prediksi Trend Bisnis Online 2023

Ini adalah perkiraan masa depan bisnis online di tahun mendatang:

1. Bisnis Kian Mengadopsi Penggunaan Teknologi

Di tahun depan, penggunaan teknologi semakin marak. Alasannya, teknologi memudahkan orang untuk memulai hingga menjalankan bisnis.

Misalnya, pengusaha kafe. Tanpa gedung serta karyawan dalam jumlah banyak, mereka bisa membuat kafe digital melalui website ataupun aplikasi. Di sana sudah ada fitur kasir, pengiriman, hingga katalog menu yang bisa di-update sehingga tak usah cetak ulang buku menu.

Tak hanya platform yang dipakai berbisnis, strategi marketing pun juga mulai mengadopsi teknologi. Seperti:

 

Teknologi Pengertian
Chatbots program berbasis artificial intelligence (AI) yang berfungsi untuk melayani live chat dengan konsumen.
Artificial Intelligence program kecerdasan buatan yang bisa memprediksi pola sifat dan aktivitas konsumen.
Video Marketing praktik pemasaran dengan memanfaatkan video.
Visual Search teknologi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian berbasis gambar.
Voice Search melakukan pencarian dengan suara.
Augmented Reality teknologi yang mampu menyatukan realita dengan dunia digital.
Interactive Content Konten yang menyajikan fitur-fitur untuk mengundang interaksi dari para pembaca.
Geofencing Technology Teknologi yang memungkinkan bisnis menargetkan calon konsumen di wilayah tertentu.
Big Data sekumpulan data yang volumenya sangat besar, dan volumenya akan berkembang secara terus menerus.
Internet of Things istilah yang kerap digunakan untuk menjelaskan konsep terhubungnya berbagai perangkat dengan internet.
Social Commerce gabungan dari sosial media dan e-commerce

Selain contoh di atas, masih banyak lagi marketing trends yang sudah melibatkan teknologi.

Jadi bisa Anda simpulkan, bisnis yang mengabaikan penggunaan teknologi ibarat memasang bom waktu. Bisa jadi jatuh karena tergilas kompetitor, ataupun kehilangan pelanggan gara-gara tidak relevan dengan zaman.

2-Google-Trend-Belanja-Online
Google-Trend-Belanja-Online

2. Konsumen Digital Meningkat Pesat

“Bisnis online di Indonesia mah susah. Pada belum siap pindah ke digital xD”

Eitss, jangan salah. Saat ini, konsumen digital di Indonesia meningkat pesat, lho. Kira-kira, ada 21 juta konsumen digital baru di Indonesia. Tak hanya di daerah metropolitan, tapi sudah meluas ke kota-kota di tier 3 dan 4.

Tier Kelompok Daftar Kota…
1 Metropolitan Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dll
2 Rising urbanities Semarang, Makassar, dan Denpasar, dll
3 Slow adopters Kota Prabumulih, dan Kabupaten Bangli, dll
4 Rigid watchers Kabupaten Jepara, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Poso, dll

Hal ini juga bisa dilihat dari tren pencarian kata kunci ‘belanja online’ dan turunannya yang telah menyebar ke mayoritas wilayah di Indonesia. Kemungkinan, orang-orang memang mencari cara untuk bertransaksi secara online.

Dengan kata lain, peluang bisnis online di masa depan sangat cerah. Apalagi, orang-orang sudah terbiasa dengan gaya hidup digital. Sehingga, jangkauan target pasar Anda pun juga semakin luas.

Anda juga bisa mulai menjalankan bisnis online sesuai dengan keahlian Anda. Contohnya, jika Anda berminat untuk membantu bisnis untuk go online, Anda bisa coba bergabung ke program Bisnis UKM.

Tren Bisnis 2023
Tren Bisnis 2023

 

3. Toko Fisik Lebih Sepi

Masih berhubungan dengan pembahasan sebelumnya, meningkatnya konsumen digital memungkinkan toko fisik menjadi lebih sepi.

Faktanya, 66% orang memang lebih memilih belanja online daripada offline, lho. Bahkan meski ada toko fisiknya, orang tetap akan beli secara online. Sebab, lebih praktis dan sering memberikan promo besar.

Jadi jangan heran, kunjungan ke website commerce meningkat drastis.

Dan, mesti Anda tahu, traffic menjadi salah satu indikator penting performa toko online. Meski bukan jaminan cuan, tingginya traffic memperbesar potensi mendapat customer.

Sekarang, mari lihat ilustrasi sales funnel di bawah ini. Sales funnel adalah tahapan yang dilalui pelanggan potensial untuk menuju keputusan pembelian.

 

 

Bisnis UKM

Add comment

Follow us

Temukan Bisnis UKM di sosial media kami, jangan lewatkan info terbaru dari Bisnis UKM.