Bisnis UKM
menko-ukm-teten-masduki

Teten Masduki Menkop UKM Targetkan Tambah Satu Juta UKM di 2024

Bisnis UKM – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menargetkan pertambahan hingga satu juta UMKM hingga 2024 mendatang. Pemerintah berharap pertambahan itu juga meningkatkan kualitas UMKM yang ada di Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta seluruh pemerintah daerah bisa ikut menciptakan ekosistem yang nyaman untuk meningkatkan kualitas UMKM yang ada di wilayah masing-masing. Di antaranya dengan memberikan berbagai kemudahan dalam pembiayaan, kemudahan perizinan, dan akses pasar, pihaknya optimis UMKM bisa naik kelas.

“Kita targetkan kanaikan satu juta UMKM hingga 2024 mendatang,” kata Teten usai pembukaan Rakornas Bidang Urusan Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi, UMKM, dan Kewirausahaan di Swiss Bel Hotel, Kamis (13/10).

Pemerintah menargetkan Indonesia jadi negara maju pada 2024 mendatang. Salah satu indikator untuk mencapai target ini adalah 4 persen dari keseluruhan penduduk merupakan pelaku wirausaha.

“Paling tidak dengan pertambahan satu juta UMKM itu persentasenya bisa naik dari 3,47 persen menjadi 3,95 persen. Kalau negara maju bisa sampai 12-14 persen, makanya kita inline di trtget itu dengan menyiapkan wirausahawan,” beber dia.

Dengan demikian, lanjut dia, UMKM bisa makin sejahtera karena bisa menghidupi keluarganya dengan mandiri. Oleh sebab itu, transformasi digital inklusif perlu digaungkan dalam rangka penguatan ekonomi masyarakat. Saat ini, sudah ada sebanyak 20,2 juta UMKM yang sudah terpapar teknologi.

“Agar berdaya saing tinggi kami targetkan UMKM bisa mendapat sentuhan teknologi. Saat ini, sudah ada daya dukung dari pemerintah agar UMKM dimudahkan. Salah satunya mengenai perizinan yang sudah menggunakan online single submission (OSS). Kami menargetkan sampai 30 juta UMKM yang bisa on boarding terhubung dengan teknologi,” tutup Teten.

Bisnis UKM: Info Bisnis UKM, Pengertian Bisnis UKM, Ulasan Bisnis UKM, Layanan Bisnis UKM, Strategi Bisnis UKM, Tips Bisnis UKM, Kredit Bisnis UKMM, Kredit UKM, Info Bisnis UKM, Berita Bisnis UKM, Pembiayaan UKM, Pelatihan UKM

Bisnis UKM