Bisnis UKM

Testimoni: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya

Memiliki sebuah bisnis pastinya ingin berusaha memberikan yang terbaik untuk pelanggan agar mendapatkan testimoni baik juga.

Testimoni adalah sebuah feedback dari pelanggan yang sudah menggunakan produk dari perusahaan Anda, agar Anda mengetahui lebih banyak tentang testimoni, berikut penjelasannya!

Apa Itu Testimoni?

Testimoni adalah sebuah respon dari pelanggan atau konsumen yang mereka ungkapkan dalam bentuk pesan atau kesan.

Biasanya banyak sekali testimoni-testimoni yang muncul terutama pada bisnis online shop.

Para pebisnis akan mengupload beberapa ulasan dari pelanggan ketika menggunakan produk tertentu.

Manfaat Testimoni untuk Pebisnis

Terdapat beberapa manfaat dari adanya testimoni ini dan pastinya bisa menjadi jalan untuk menjadikan bisnis lebih berkembang, antara lain:

1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Baru

Manfaat pertama testimoni yaitu dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan baru. Para pelanggan lama yang sudah menggunakan produk bisnis Anda tentunya memiliki ulasan yang baik. Jika hal tersebut terlihat oleh calon pelanggan di luar sana, maka besar kemungkinan akan membuat mereka tertarik untuk mencobanya.

2. Bahan Evaluasi

Adanya ulasan mengenai produk Anda bisa menjadi bahan evaluasi, hal yang konsumen sampaikan tidak selalu hasilnya positif, namun ada beberapa hal negatif. Sehingga Anda sebagai pebisnis harus bisa mengatasi feedback kurang baik dari konsumen dengan melihat bagian mana yang perlu dibenahi.

3. Alat Pemasaran Gratis

Dari penjelasan sebelumnya Anda tahu bahwa feedback dapat meningkatkan kepercayaan kepada pelanggan baru. Maka dari itu, kedepannya bisa Anda gunakan sebagai alat pemasaran secara gratis dengan memanfaatkan pesan dan kesan dari konsumen.

Lalu proses pemasaran yang terjadi pun biasanya dari mulut ke mulut.

4. Bahan Pembuatan Iklan

Manfaat testimoni yang berikutnya adalah dapat Anda gunakan sebagai bahan pembuatan iklan. Mempromosikan sebuah produk menggunakan cara ini akan efektif jika menggunakan hasil ulasan positif dari konsumen lama. Tinggal bagaimana kreativitas Anda dalam mengolahnya menjadi lebih menarik.

5. Wujud Apresiasi untuk Konsumen

Manfaat yang terakhir adalah sebagai wujud pengapresiasian kepada konsumen Anda. Hasil feedback mengenai produk dari konsumen yang Anda abadikan dalam bentuk teks, foto, atau video pastinya akan membuat mereka senang. Lalu konsumen tersebut besar kemungkinan akan sering menggunakan produk Anda.

Jenis Testimoni

Selain manfaatnya, ada beberapa jenis yang perlu Anda ketahui. Setiap jenisnya memiliki bentuk dan media yang berbeda-beda, yaitu:

A. Testimoni Rekan Kerja

Untuk jenis yang pertama yaitu dari rekan kerja. Ulasan atau penilaian produk akan diterima dari orang-orang yang sering bekerja dengan Anda. Biasanya mereka memberikan penilaian seperti itu karena memiliki tujuan seperti meningkatkan citra para pekerja tersebut.

Dengan begitu bisa memperbesar peluang supaya lebih mudah menarik rekan kerja yang baru. Lalu setiap proses bisnis Anda tentu akan jadi lebih mudah kedepannya.

B. Testimoni Kutipan

Jenis yang selanjutnya berupa kutipan. Banyak sekali orang temukan khususnya pebisnis yang menggunakan website atau media digital lainnya. Para pebisnis akan mengambil atau mengutip beberapa ulasan positif dari konsumen mengenai produk yang mereka pakai.

Dari bentuk kutipan ini tentunya tidak ada elemen lainnya seperti gambar atau video sehingga hanya berbentuk teks. Dengan begitu, jenis ini cenderung banyak pebisnis gunakan karena mudah menerapkannya.

C. Testimoni Video

Salah satu jenis testimoni adalah dengan menggunakan video. Jenis ini di mata masyarakat memiliki daya tarik yang besar karena menyajikan ulasan atau penilaian dengan elemen audio visual. Banyak pebisnis yang menerapkan jenis ini karena terbilang efektif.

Orang-orang akan lebih senang menonton dalam bentuk video daripada membacanya karena terkesan menarik. Dalam video tersebut akan berisi ulasan positif dari konsumennya langsung mengenai produk tersebut. Selain itu juga akan sedikit memberikan kalimat ajakan untuk pelanggan baru.

D. Testimoni Media Sosial

Berikutnya adalah jenis yang menggunakan media sosial. Pebisnis menggunakan jenis ini karena melihat besarnya peluang di beberapa platform media sosial. Para konsumen nantinya akan memberikan ulasan atau penilaian melalui media sosial kemudian pebisnis screenshot dan menguploadnya.

Dalam memberikan ulasan, konsumen bisa melakukannya berdasarkan keinginan sendiri atau pebisnis yang bersangkutan memintanya secara khusus dengan harapan dapat menggaet calon pelanggan yang banyak di luar sana.

E. Testimoni Influencer

Menggunakan jenis testimoni influencer menjadi salah satu cara yang efektif dalam menarik pelanggan baru. Peran influencer dalam memperkenalkan produk kepada masyarakat punya pengaruh sangat kuat. Tidak heran pebisnis memilih membayar influencer karena keuntungannya sangat besar.

Kemudian dalam penerapannya, Anda bisa bekerja sama dengan influencer dan mengirimkan beberapa produk untuk diulas. Lalu mereka akan mengulas produk tersebut secara langsung agar para pengikutnya dapat percaya. Anda selaku pebisnis bisa juga memberikan pengarahan ketika proses penilaian produk nantinya.

6. Testimoni Wawancara

Jenis yang terakhir yaitu dengan teknik wawancara untuk mendapatkan ulasan dari konsumen. Cara mendapatkannya adalah secara langsung melakukan tanya jawab dengan konsumen yang bersangkutan.

Kemudian, biasanya pengemasan testimoni ini dalam bentuk video karena akan menampilkan pihak konsumen dan penanya. Lalu, pihak penanya akan memberikan beberapa pertanyaan yang memiliki jawaban positif. Dengan begitu ketika orang melihatnya dapat menilai bahwa bisnis Anda bisa dekat dengan konsumen.

Cara Mendapatkan Testimoni yang Baik

Terdapat beberapa cara agar bisa mendapatkan testimoni yang positif dari konsumen. Maka dari itu, Anda bisa mulai mencoba cara berikut ini:

1. Menghargai Setiap Testimoni Konsumen

Apapun ulasan yang konsumen berikan, hendaknya pebisnis harus menerimanya dengan baik. Selain menerimanya secara baik juga harus bisa menghargainya. Ulasan yang mereka berikan pastinya akan memberikan efek yang besar terhadap bisnis Anda.

Malahan, Anda bisa memberikan beberapa reward kepada konsumen yang berkenan memberikan pendapat jujurnya terkait bisnis Anda.

2. Melakukan Interaksi dengan Konsumen

Cara selanjutnya yaitu melakukan interaksi dengan konsumen. Anda tidak akan bisa mendapatkan testimoni jika tidak berusaha mendekati konsumen secara langsung.

Dalam melakukan interaksi, ada beberapa media yang dapat Anda gunakan seperti telepon, email, dan aplikasi chatting. Kemudian jangan lupa memakai bahasa yang baik dan jangan menggunakan kalimat yang menjatuhkan konsumen.

3. Memberikan Respon Positif

Untuk memberikan respon positif ini jangan sampai Anda lupa. Sebagai pebisnis yang baik sebisa mungkin untuk menerima ulasan yang negatif dan memberikan feedback yang positif kepada konsumen.

Jika ulasan negatif yang Anda terima mengenai hal-hal kurang baik dari produk tertentu, maka bisa mencoba meminta maaf. Kemudian memberikan penjelasan yang baik dan berusaha memperbaiki hal tersebut dengan segera.

4. Aktif Social Media

Cara mendapatkan testimoni adalah dengan cara aktif dalam media sosial. Bagi Anda yang menjual produk secara online harus aktif di setiap media sosial yang ada. Kebanyakan orang saat ini lebih senang membagikan ulasan produk ke media sosial sehingga Anda bisa mendapatkan bahan-bahan testimoni.

Sudah Paham Mengenai Apa Itu Testimoni?

Dengan demikian, adanya ulasan dari konsumen memiliki peran penting dalam menunjang bisnis Anda. Ada beberapa manfaat, jenis, dan cara mendapatkannya seperti di atas yang bisa Anda pahami. Kemudian ada juga artikel bisnis UKM lainnya sebagai penambah wawasan untuk bekal dalam upaya memulai bisnis baru.

Bisnis UKM: Info Bisnis UKM, Pengertian Bisnis UKM, Ulasan Bisnis UKM, Layanan Bisnis UKM, Strategi Bisnis UKM, Tips Bisnis UKM, Kredit Bisnis UKMM, Kredit UKM, Peluang Usaha Bisnis UKM, Berita Bisnis UKM, Pembiayaan UKM, Pelatihan UKM

Bisnis UKM