Bisnis UKM
Syarat untuk Anda yang Ingin Mengurus Dokumen Umroh

Syarat untuk Anda yang Ingin Mengurus Dokumen Umroh

Ini Syarat untuk Anda yang Ingin Mengurus Dokumen Umroh. Bagi Anda yang ingin menjalankan ibadah umroh, Anda perlu mengetahui apa saja dokumen yang perlu disiapkan agar perjalanan Anda akan terasa nyaman dan aman, salah satu dokumen yang harus disiapkan yakni paspor. Berikut persyaratan dokumen yang harus disiapkan untuk mengurus paspor umroh.

Bisnis UKMInfo Bisnis UKMPengertian Bisnis UKMUlasan Bisnis UKMLayanan Bisnis UKMStrategi Bisnis UKM,
Tips Bisnis UKMKredit Bisnis UKMMKredit UKMPeluang Usaha Bisnis UKMBerita Bisnis UKMPembiayaan UKMPelatihan UKM

Direktori bisnis online UMKM di Indonesia, kami memilki member yang sudah menggunakan layanan dari Bisnis UKM, selain sebagai portal marketplace produk ukm kami pun menyediakan berbagai layanan periklanan pelaku usaha ukm, seperti pembuatan website, pembuatan company profile perusahaan kecil menengah dan masih banyak sekali media promosi yang kami sediakan untuk kepentingan digital marketing lain nya.

Bisnis UKM adalah BISNIS UKM merupakan website portal info berita bisnis usaha UMKM, Info Peluang Usaha, Ide Bisnis, Peluang Usaha UKM, Tips Usaha UKM, Ekonomi, Event UKM, Franchise & Promosi Usaha UKM. Info Bisnis Artikel & Video Hasil Liputan/ Wawancara Para Praktisi Dunia Usaha Kecil Menengah di Indonesia. B2B Marketplace dan Direktori BisnisSupplier produk UKM & UMKM di Indonesia.

Situs Jual Beli khusus B2B Marketplace UMKMB2B E-commerce UKMPusat Distributor Produk UKM, Trading Produk UKM, Supplier Produk UKM, Agen Produk UKM, Grosir Produk UKM, Importir Produk UKM, Exportir Produk UKM dan Penyedia Jasa Usaha Mikro dan Menengah di Indonesia.

Liputan Bisnis | Pelatihan UKM |Permodalan UKM | Strategi Bisnis UKM

Syarat dan Dokumen Umroh yang Wajib

Sejak pandemi mereda, Makkah kembali membuka penerimaan jamaah umroh dan haji dari seluruh negara di dunia. Kini semua muslim bisa umroh dengan syarat dan dokumen umroh terbaru pasca COVID-19.

Untuk yang berencana umrah dalam waktu dekat, artikel ini akan memuat syarat umrah 2023 sehingga kamu bisa beribadah dengan tenang. Persyaratan utama untuk melakukan ibadah umrah adalah tentu kamu wajib beragama Islam. Yuk, cek apa saja syarat daftar umrah terbaru lainnya!

Syarat Pendaftaran Umroh

Saat ini, Pemerintah Arab Saudi tidak lagi mewajibkan hasil tes PCR sebagai syarat dan dokumen umrah bagi jamaah. Selain itu, kini tidak ada lagi batasan usia untuk yang jamaah yang ingin umrah. Sehingga anak-anak atau lansia di atas 65 tahun, bisa kembali melaksanakan umrah setelah sebelumnya dibatasi.

Berikut adalah syarat dokumen umroh terbaru:

  1. Memiliki paspor asli yang masih berlaku.
  2. Telah memiliki visa umroh.
  3. Menyertakan pas foto terbaru dengan ketentuan:
  • Ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar
  • background putih dengan fokus wajah 80 persen

Bagi wanita menggunakan kerudung

  • Melampirkan fotokopi data diri berupa KTP, Kartu Keluarga, dan buku nikah bagi yang telah menikah.
  • Kartu tanda vaksin meningitis, yaitu kartu kuning yang menandakan bahwa kamu telah menerima vaksin meningitis. Syarat kartu tanda vaksin meningitis ini bersifat opsional, bila ingin kamu bisa mengajukan vaksin meningitis di rumah sakit terdekat dengan biaya sekitar Rp300.000.
  • Telah menerima vaksin COVID-19 sebanyak 2 kali, dengan bukti melalui sertifikat vaksin.

Sebenarnya pemerintah Arab Saudi telah mengizinkan jamaah umrah Indonesia untuk tidak vaksin COVID-19. Namun persyaratan umrah dari Kementerian Agama RI masih mewajibkan vaksin COVID-19 hingga waktu yang belum diperkirakan.

  1. Memiliki Sertifikat Internasional Arab Saudi (KSA Tawakkalna) yang dapat kamu buat melalui Peduli Lindungi.
  2. Mendapatkan surat rekomendasi dari kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.
  3. Tentu saja memiliki tiket pesawat pulang pergi dari Indonesia ke Saudi Arabia.
  4. Telah memesan penginapan atau akomodasi di Saudi Arabia.

Selain syarat di atas, ada baiknya Anda turut siapkan hal penting lainnya sebelum umrah. Misalnya saja:

Baju ihram, baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Bagaimana Cara Membuat Paspor Umrah?

Salah satu syarat dan dokumen umrah yang terpenting bagi jamaah adalah adanya paspor. Paspor merupakan sebuah dokumen yang berisikan identitas yang kamu butuhkan ketika melakukan perjalanan antarnegara dan berlaku selama sepuluh tahun.

Bagi yang belum memiliki paspor, kamu bisa membuatnya langsung ke kantor imigrasi setempat atau secara online melalui aplikasi M-Paspor.

Cara Membuat Paspor Secara Manual

Sumber gambar: Scott Graham / Unsplash

Berikut adalah tahapan yang harus kamu lakukan jika ingin membuat paspor secara manual ke kantor imigrasi.

1.Mengisi formulir permohonan yang terdapat pada loket permohonan di kantor imigrasi.

2.Memenuhi kelengkapan syarat dan dokumen umrah untuk pembuatan paspor. Adapun syarat dan dokumen untuk pembuatan paspor umrah, antara lain:

Memiliki surat rekomendasi dari travel atau penyelenggara umrah.

Menyertakan dokumen data diri asli dan fotokopiberupa KTP, kartu keluarga, akta kelahiran atau ijazah, dan buku nikah bagi kamu yang sudah menikah.

Memberikan nama yang terdiri dari tiga suku kata (jika namamu hanya terdiri dari satu atau dua suku kata, kamu bisa menambahkan nama dari orang tua.

Surat rekomendasi Kepala Kantor Kementerian Agama dari kabupaten atau kota setempat.

  1. Selanjutnya petugas imigrasi akan melakukan pemeriksaan terhadap semua dokumen persyaratan yang kamu berikan.
  2. Kamu akan menerima tanda terima permohonan dan kode pembayaran setelah semua dokumen persyaratan dinyatakan lengkap.
  3. Selanjutnya petugas akan memintamu melakukan pembayaran. Terdapat dua macam jenis paspor, paspor biasa dan elektronik. Untuk paspor biasa, harganya Rp350.000, sedangkan paspor elektronik, harganya Rp650.000. Jika kamu ingin membuat paspor selesai dalam satu hari yang sama, kamu harus membayar Rp1.000.000, belum termasuk biaya penerbitan paspor.
  4. Setelah pembayaran selesai, pejabat imigrasi akan melakukan pengesahan dengan cara verifikasi data, wawancara, pengambilan foto serta sidik jari.
  5. Selanjutnya Kamu akan menunggu proses pembuatan paspor sekitar 4 hingga 7 hari. Jangan lupa membawa bukti pembayaran dan formulir permohonan.

Cara Membuat Paspor Secara Online

Sumber gambar: Creative Christians / Unsplash.

Untuk kamu yang ingin membuat paspor secara online, berikut adalah tahapan yang harus dilakukan:

  1. Buka aplikasi M-Paspor. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini dari Google Playstore untuk android atau App Store untuk iOS.
  2. Mendaftarkan akun menggunakan email, selanjutnya kode OTP akan dikirimkan melalui email tersebut.
  3. Lakukan pengajuan permohonan paspor. Pada menu ini, kamu akan diminta mengisi kuesioner layanan permohonan, mulai dari peruntukan paspor, jenis paspor, hingga mengunggah data syarat dan dokumen umrah terbaru. Anda juga akan diminta mengisi data diri berupa nama, nomor KTP dan tanggal lahir.
  4. Setelah semua kuesioner terisi, Kamu akan diminta memilih lokasi kantor imigrasi dan jadwal pengesahan, termasuk jam kedatangan ke kantor imigrasi.

Jangan lupa memilih jadwal yang tidak padat, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama. Setelah mengisi lokasi kantor imigrasi dan jadwal kedatangan untuk pengesahan, kamu akan mendapatkan faktur dalam bentuk PDF.

  1. Melakukan pembayaran melalui transfer bank atau minimarket terdekat.
  2. Melakukan verifikasi ke kantor imigrasi yang telah kamu pilih sebelumnya. Bawalah bukti pendaftaran dan pembayaran online serta dokumen persyaratan untuk verifikasi data dan wawancara petugas.

Jika telah selesai, akan dilakukan pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan pada paspor.

Cara Mengajukan Visa Umroh

Sumber gambar: Henry Thong / Unsplash

Selain paspor, syarat dan dokumen umrah lain yang tak kalah penting adalah visa. Visa merupakan dokumen yang menjadi izin kebolehan seseorang untuk masuk atau tinggal di suatu negara. Jika sebelumnya visa umroh hanya berlaku untuk 30 hari, sejak Agustus 2022, visa umroh berlaku untuk 90 hari.

Untuk syarat pembuatan visa umroh sebagai syarat umrah terbaru, yaitu:

Telah memiliki tiket pesawat pulang pergi Makkah-Arab Saudi.

Masih memiliki polis asuransi kesehatan yang aktif.

Menunjukkan bukti reservasi akomodasi dan pelayanan terkait umrah dari salah satu perusahaan Umrah Saudi yang disetujui.

Menurut Kementerian Agama, pengajuan visa umroh bisa dilakukan oleh Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). PPIU yang dimaksud adalah yang telah memiliki izin dari pemerintah untuk melaksanakan ibadah umrah.

Untuk biaya pembuatan visa umroh yaitu sekitar Rp1,1 jutaan. Beberapa syarat dan dokumen umrah untuk pengajuan visa yang harus kamu siapkan, antara lain:

1. Paspor yang masih berlaku,

2. Dokumen data diri pribadi, berupa KTP, KK, akta kelahiran, serta buku nikah untuk Kamu yang telah menikah.

3. Foto Berwarna dengan ketentuan:

  • Latar belakang putih
  • Ukuran 4×6 sejumlah 6 lembar
  • Wajah harus 80% terlihat

4.Kartu vaksin meningitis, sebagai syarat vaksin umroh

5. Bukti pembelian tiket pesawat.

Tahapan Umroh

Ketahui pula tahapan saat umroh di Arab Saudi. Berikut sejumlah tahapan umroh yang perlu Anda ketahui!

1. Ihram (niat): tata cara umrah yang harus dilakukan pertama kali sebelum melaksanakan rukun umrah selanjutnya.

2. Tawaf sebanyak 7 kali. Anda harus mengelilingi Ka’Bah sebanyak 7 kali putaran.

3. Sa’i. Lakukanlah perjalanan dari bukit Shafa menuju bukit Marwah.

4. Mencukur rambut. Untuk jemaah laki-laki, disunahkan mencukur rambut hingga gundul. Untuk jemaah perempuan, kumpulkan sebagian rambut sebanyak seujung jari dan dipotong.

Sebagian besar muslim memimpikan untuk dapat melakukan ibadah umrah minimal sekali dalam seumur hidupnya. Karenanya ketika kamu telah memiliki cukup dana untuk melaksanakan umrah, segera realisasikan mimpimu dan jangan menundanya.

Demi kelancaran ibadah, lengkapi syarat dan dokumen umrah, jangan sampai ada yang ketinggalan, termasuk untuk urusan tiket pesawat ke Arab Saudi.

Pos

Laman

Tour Tags

Kategori

Tag

Daftarkan Segera diri Anda melalui agen biro umroh:

Biro Umroh Solo

Biro Umroh Sragen

Biro Umroh Wonogiri

Biro Umroh Sukoharjo

Biro Umroh Boyolali

Biro Umroh Karanganyar