Bisnis UKM - Direktori Info UKM, Event Bisnis UKM, Berita Bisnis UKM,  Peluang Usaha UKM, Produk UKM & UMKM
Mengenal-Apa-itu-Branding-dan-Fungsinya-Dalam-Bisnis

Langkah Mudah Membangun Branding Produk UKM Mudah Di Kenal

Langkah Membangun Branding Produk Agar Dikenal, Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membangung branding produk Anda agar mudah dikenal!

Apa merek jam tangan yang sedang Anda pakai sekarang; Rolex, Seiko, Philips, Willian 1985, Casio atau merek lain yang belum terkenal?

Jika diberikan secara gratis Anda memilih memakai jam tangan dengan merek Rolex atau merek lain yang tidak terkenal?

Sudah pasti semua orang akan menjawab untuk memilih menggunakan jam tangan merek Rolex. Ya itu merupakan hal yang wajar, mengingat Rolex merupakan brand yang sudah terkenal.

Branding adalah segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, produk, layanan, dan segala hal yang berkaitan dengan perusahaan.

Inilah yang harus Anda perjuangkan agar brand Anda dikenal banyak orang. Sehingga orang-orang selalu mengingat brand Anda saat mereka sedang membutuhkan sesuatu.

Sayangnya membangun sebuah brand agar dapat dikenal banyak orang tidaklah mudah, tetapi bukan berarti susah.

Pasalnya agar sebuah brand dapat dikenal masyarakat dengan baik memerlukan waktu yang cukup panjang.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan sesuatu untuk menjangkau calon konsumen dengan cara yang efektif.

Membuat Iklan

Iklan merupakan salah satu cara yang efektif untuk melakukan branding agar membangun produk Anda dikenal banyak orang. Bagi perusahaan besar, membuat dan memasang iklan merupakan hal yang mudah.

Namun, untuk perusahaan kecil atau UKM mungkin menjadikan sebuah beban karena harus menambah biaya pemasaran yang cukup tinggi.

Tapi jangan khawatir, kini Anda dapat memanfaatkan iklan digital. Iklan digital memiliki biaya yang cukup terjangkau bahkan beberapa ada yang gratis.

Sehingga biaya pemasaran pun dapat ditekan seminimal mungkin. Iklan digital juga memiliki pangsa pasar yang potensial karena seperti yang kita tahu bahwa pengguna social media semakin hari semakin meningkat bahkan diperkirakan jumlahnya melebihi 3 miliar orang.

Tentu saja ini merupakan hal yang efisien dan efektif untuk meningkatkan branding produk Anda agar dikenal banyak orang.

 

Mengikuti Event, Pameran, atau Bazar

Selain membuat dan memasang iklan, Anda juga dapat mengikuti kegiatan-kegiatan semacam pameran atau bazar untuk membuat brand dari produk Anda menjadi dikenal.

Pilih dan sesuaikan pameran atau bazar yang akan diikuti dengan bidang bisnis Anda.

Misalnya bisnis Anda di bidang pakaian muslim maka Anda dapat mengikuti pameran atau bazar seperti islamic fair, atau misal bidang bisnis Anda pada makanan maka Anda dapat mengikuti semacam festival kuliner nusantara dan contoh-contoh lainnya.

Dalam suatu kegiatan pasti akan disediakan stand, Anda dapat memilih stand yang strategis dan menghiasnya dengan menarik tentu saja usahakan sesuai dengan brand produk Anda.

Dengan demikian, pengunjung akan tertarik dan popularitas brand ataupun produk menjadi terkenal.

Berikan Nilai Tambah Selain Menjual Produk

Dalam membentuk citra dari sebuah brand, ada baiknya jika konten yang dibuat dapat membangun hubungan antara konsumen dan bisnis Anda.

Maksudnya, jangan hanya membuat konten yang berisi produk dan jual beli produk saja tetapi juga berisi nilai edukasi ataupun nilai-nilai lain yang dapat meningkatkan citra positif dari brand Anda.

Misalnya beberapa waktu Anda dapat membagikan post yang bernilai agama, nasihat, quote yang memberikan semangat dan sebagainya. Hal tersebut akan membuat hubungan yang lebih kuat dan lama.

 

Ambil Sudut Pandang Konsumen Sentris

Penjualan Anda adalah akibat dari kebutuhan konsumen sehingga agar konsumen mencari merek atau brand Anda maka ambilah sudut pandang konsumen sentris.

Pahami kebutuhan dan keinginan konsumen dimana konsumen dapat menjadikan brand Anda menjadi nomor 1 di pikiran mereka. Selain itu, Anda juga dapat memberikan pelayanan yang baik secara sosial.

Karena menurut Aberdeen Group bisnis yang memberikan layanan sosial memiliki pertumbuhan bisnis yang lebih besar dibandingkan bisnis yang tidak menerapkan pelayanan sosial.

Ingatlah bahwa pesaing Anda di pasar jumlahnya banyak sehingga Anda harus memenangkan hati konsumen.

Akan sangat mudah bagi konsumen memilih brand selain brand Anda, maka dari itu ubahlah pandangan Anda dari produsen sentris menjadi konsumen sentris.

Proses branding bukanlah hal yang instan tetapi jika Anda lakukan secara sungguh-sungguh dampaknya begitu besar yakni brand awareness di mana brand produk Anda menjadi dikenal masyarakat dan bisnis Anda pun menjadi lebih sukses.

 

Cara Meningkatkan Brand Awareness Bisnis, Simak Tips Ini!

Brand awareness atau kesadaran merek adalah kemampuan konsumen dalam mengenali dan mengingat suatu merek, produk atau jasa.

Brand awareness penting bagi bisnis karena konsumen cenderung membeli produk yang berasal dari merek yang dikenalnya.

Data dari Nielsen Global New Product Innovation Survey menunjukkan, 59% konsumen lebih memilih untuk membeli produk baru yang dibuat oleh brand yang tidak asing bagi mereka.

Dalam membangun brand awareness, tak jarang perusahaan memanfaatkan platform atau media sosial yang tengah menjadi daya tarik konsumen seperti Instagram, Facebook atau Snapchat.

Bagaimana peran penting brand awareness bagi kelangsungan bisnis Anda? Lalu apa saja langkah yang dapat dilakukan untuk membangun brand awareness yang tepat untuk bisnis Anda? Temukan jawaban lengkapnya di bawah ini.

Peran Penting Brand Awareness

Brand awareness sangat penting bagi bisnis jenis apa saja. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi konsumen membeli produk atau layanan jasa untuk pertama kalinya.

Selain itu, brand awareness juga dapat membuat konsumen terus melakukan pembelian. Brand awareness biasa digunakan sebagai alat ukur kinerja sebuah merek.

Setiap tahunnya, perusahaan akan berinvestasi untuk terus menerus memperbaiki dan menaikkan tingkat brand awareness mereka.

Jika terjadi penurunan, maka perusahaan akan menggunakan berbagai strategi pemasaran untuk mengembalikan tingkat brand awareness.

Hal ini juga merupakan kunci penting di dalam perencanaan pemasaran dan strategy development. Selanjutnya brand awareness dapat dikategorikan menjadi 3 tingkatan, yaitu:

Brand recognition atau aided recall, adalah kemampuan konsumen untuk mengenali suatu produk saat mereka melihat produk tersebut.

Brand recall atau unaided recall, mengacu pada kemampuan konsumen untuk mengingat nama sebuah merek berdasarkan kategori produk. Pada tingkatan ini, setiap konsumen cukup mendengar kategori produk atau melihat sekilas produk yang mereka butuhkan untuk mengingat merek produk tersebut.

Top-of-mind awareness, mengacu pada merek atau produk tertentu yang muncul pertama kali di pikiran konsumen saat mereka sedang memikirkan industri atau kategori tertentu.

 

Strategi Meningkatkan Brand Awareness

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun brand awareness. Berikut ini beberapa strategi promosi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand awareness:

Iklan konvensional, yang dimaksud dengan iklan konvensional ialah iklan yang umumnya hard-selling dan melalui media konvensional seperti televisi, radio, reklame, dan lainnya. Iklan konvensional mampu memapar audiens luas, oleh sebab itu iklan konvensional sejak dulu menjadi andalan dalam menciptakan atau pun meningkatkan brand awareness.

Media sosial. Media sosial menjadi pilihan bagus untuk meningkatkan brand awareness, sebab media ini menjadi konsumsi yang wajib bagi masyarakat saat ini. Anda harus benar-benar aktif mengunggah konten yang relevan dan berinteraksi dengan audien secara berkala. Dengan mengunggah konten yang relevan, maka Anda akan mengumpulkan banyak audiens yang nantinya dapat menjadi prospek bagi bisnis Anda.

Content marketing, Strategi ini ialah pilihan fresh di tengah masyarakat yang jemu pada iklan. Ciri utama content marketing ialah di mana merek menyajikan konten yang memiliki nilai, baik itu informasi atau hiburan bagi audiensnya. Nilai ini yang nantinya menarik audiens atau calon konsumen untuk mengonsumsi konten merek dengan kemauan mereka sendiri. Sehingga secara tidak sadar audiens terpapar oleh pesan dan nama merek.

Mengadakan event, bisa menjadi sebuah ajang promosi untuk memperkenalkan merek Anda. Misalnya untuk peluncuran produk atau promosi produk baru.

Berkolaborasi dengan bisnis lain yang menargetkan persona pelanggan yang sama seperti Anda, namun tidak bersaing secara langsung.

Memberikan merchandise, merupakan salah satu cara untuk berterima kasih kepada para pelanggan atas kontribusi mereka pada bisnis Anda. Dan tentu saja merupakan cara yang tepat untuk memperkuat brand awareness. Semakin unik merchandise yang Anda berikan kepada pelanggan, maka akan semakin baik dampaknya. E-money bisa menjadi salah satu merchandise menarik yang bisa Anda gunakan. Buatlah desain e-money terbaik untuk memberikan nilai unik akan memancing penerima merchandise untuk meng-update-nya di media sosial. Tentu saja merek yang akan diuntungkan akan hal ini. Unggahan oleh konsumen di media sosial tadi akan berpengaruh pada brand awareness merek.

 

Indikator Brand Awareness

Apa saja indikator berhasilnya sebuah promotional campaign? Berikut ini adalah indikator kualitatif dan kuantitatif yang dapat membantu Anda untuk mengevaluasi keberhasilan pemasaran untuk.

Terdapat 3 indikator yang dapat memberikan sedikit gambaran soal brand awareness yang tengah dibangun.

Trafik website, menunjukkan seberapa banyak pengunjung yang tertarik dan mengikuti merek Anda.
Engagement media sosial, yang dapat ditunjukkan lewat jumlah followers, like, retweet, dan komen yang terus meningkat.
Anggapan orang lain tentang merek. Ketika orang berkata bahwa merek Anda buruk, maka impresi negatif dapat menular ke calon konsumen yang lain. Sebaliknya, ketika pelanggan puas maka bisa jadi ada calon konsumen yang akan terkonversi.

 

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Menumbuhkan dan meningkatkan brand awareness memang bukan proses yang mudah dilakukan.

Namun keberhasilan proses ini akan memberikan dampak jangka panjang yang baik bagi bisnis.

Oleh karena itu, untuk Anda yang ingin bisnisnya terus berkembang, Anda dapat mencoba berbagai cara yang telah dirangkum Jurnal untuk meningkatkan brand awareness berikut ini.

 

Buat Logo dan Tagline Menarik

Hal yang paling mendasar untuk menciptakan brand awareness adalah membuat logo dan tagline semenarik mungkin. Logo akan muncul pada setiap yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Mulai dari produk, poster, website, media sosial, kartu nama serta dokumen lainnya. Buatlah logo yang ikonik sehingga lebih melekat dan orang akan mengingat brand Anda dalam sekali pandang.

Selain itu, buatlah tagline yang sederhana namun sangat merepresentasikan merek. Sehingga mudah diingat dan konsumen dapat dengan mudah mengasosiasikannya dengan merek ketika mereka mendengar atau membaca tagline.

Namun sederhana di sini bukan berarti asal-asalan, karena tagline yang tidak baik justru bisa merusak reputasi brand. Pilihlah kata-kata yang bermakna, mewakili merek, serta dekat dengan kehidupan sehari-hari konsumen.

Aktif di Media Sosial
Membangun citra di media sosial disebut sebagai cara terbaik agar lebih dekat dengan konsumen. Alasannya adalah karena masyarakat saat ini hampir seluruhnya mempunyai akun media sosial baik itu Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya.

Menurut “Digital Around The World 2019”, di Indonesia sendiri ada lebih dari 150 juta orang yang menggunakan media sosial dari total 268 juta penduduk.

Dan setidaknya menghabiskan waktu 3 jam 26 menit setiap harinya mengakses media sosial untuk tujuan apapun.

Anda bisa menjangkau konsumen dengan memanfaatkan platform yang setiap hari mereka akses. Media sosial memungkinkan merek dapat dikenal oleh target pasar spesifik secara luas.

Agar merek Anda cepat dikenal oleh target pasar, gunakanlah fitur promotion atau iklan. Selain itu brand awareness juga dapat ditingkatkan dengan bekerja sama dengan influencer yang aktif di media sosial.

 

Buat Website yang Menarik dan Informatif

Selain aktif di media sosial, Anda juga harus pintar memanfaatkan website yang dimiliki.

Buat tampilan yang menarik dan berikan informasi yang berguna. Bangunlah website yang user-friendly agar mudah digunakan oleh konsumen. Juga, berikan informasi produk atau jasa yang ditawarkan dengan lengkap dan mudah dimengerti.

Agar calon pelanggan tertarik untuk mengunjungi website merek, buatlah konten artikel yang berisi informasi yang relevan dengan mereka.

Dengan artikel, Anda tidak hanya mengedukasi, namun bisa sekaligus mengarahkan konsumen pada brand Anda.

 

Mengikuti Event

Mengikuti event merupakan salah satu cara efektif untuk memperkenalkan merek secara langsung.

Sebuah acara umumnya dihadiri oleh banyak orang, jika merek menjadi sposor atau membuka booth dalam acara tersebut tentunya merek akan mendapat exposure.

Agar tepat sasaran, pilihlah acara-acara yang partisipannya sesuai dengan target pasar merek.

Selain itu, mengikuti event dapat memberikan kesempatan pada calon konsumen untuk berkenalan dengan secara langsung dengan merek. Yaitu dengan melihat wujud produk yang ditawarkan merek secara langsung.

Semakin banyak event yang Anda sponsori atau adakan, maka semakin familiar dan dekat juga konsumen dengan brand Anda.

 

 

Lakukan Co-Branding

Brand Anda belum banyak diketahui oleh konsumen? Co-branding bisa jadi salah satu solusi yang patut dicoba. Co-branding adalah kerjasama antara dua merek atau lebih yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan citra produk atau jasa.

Salah satu contoh co-branding yang tidak asing adalah Chitato dan Indomie, Chitato mengedarkan produk dengan rasa Indomie goreng.

Penggabungan ini terbilang cukup unik sehingga konsumen dibuat penasaran dan berbondong-bondong untuk mencoba.

Tentu saja strategi ini mengangkat citra kedua brand sekaligus. Walaupun tidak sefantastis penggabungan brand besar ini, setidaknya dengan co-branding brand Anda terpampang dengan brand yang lebih besar dan membantu konsumen untuk lebih mengenalnya.

Namun dalam menjalankan strategi ini, pastikan brand yang diajak kerja sama mempunyai profil konsumen yang sama dengan brand Anda dan tidak memiliki citra buruk.

 

Memberi Reward

Siapa yang tidak suka dengan hal-hal yang berbau cuma-cuma? Seroyal apapun konsumen terhadap sebuah merek, pasti tetap tertarik untuk mengikuti promosi merek lain yang memberikan potongan harga, promo dan voucher.

Anda bisa menggunakan strategi ini untuk menarik calon konsumen yang belum mengetahui atau mencoba produk Anda.

Tawarkan reward ini dengan beberapa syarat seperti membagikan postingan terkait merek Anda di media sosial atau kode refferal.

Dengan begitu, calon konsumen atau konsumen yang mengikuti promosi ini akan turut membantu Anda untuk menyebarkan nama merek.

 

Menggunakan Influencer

Sebelumnya sempat disinggung terkait bekerja sama dengan influencer pada pemasaran media sosial, namun kali ini akan dibahas lebih jelas.

Cara ini disebut juga dengan influencer marketing, di mana para pemilik bisnis menggunakan influencer untuk mempromosikan produk di berbagai media sosial yang mereka miliki.

Para influencer ini biasanya orang-orang yang mempunyai followers yang cukup banyak serta terhubung dengan audiens yang luas. Influencer biasanya sangat dipercaya oleh followersnya, sehingga produk atau jasa apapun yang digunakan bisa jadi inspirasi tersendiri untuk mereka.

Sehingga bila merek mempromosikan produk melalui influencer, para pengikut influencer akan terpapar merek dan mungkin memiliki keinginan untuk menggunakan produk yang sama dengan idolanya.

Meningkatkan brand awareness dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tentukan lah strategi yang tepat agar dapat benar-benar membantu bisnis berkembang untuk jangka panjang.

Dalam prosesnya, jangan lupa selalu menentukan biaya dan mencatat pengeluaran untuk menjalankan strategi meningkatkan brand awareness.

Sehingga Anda dapat mengontrol pengeluaran dan menganalisis keberhasilan strategi Anda sesuai dengan biaya yang dikeluarkan.

Apa Sih Pentingnya Branding Untuk Suatu Produk ?

Solusi Branding Produk UMKM Lengkap. Banyak pebisnis uѕаhа kесіl уаng bingung dengan istilah brand.

Andа mungkin bеrріkіr bаhwа hаnуа perusahaan besar ѕаjа реdulі pada eksistensi ѕеbuаh brаnd. Nаmun nуаtаnуа tak bеgіtu uѕаhа kесіl dаn mеnеngаh реrlu untuk membenahi brand mereka.

Dеngаn pentingnya brаndіng dаn kemasan untuk рrоduk uѕаhа kесіl mаkа brand anda аkаn lebih dіkеnаl untuk masyarakat luas.

Bаgаіmаnарun brаndіng dаn kеmаѕаn раdа рrоduk uѕаhа kесіl lеbіh dari sekedar mеnсірtаkаn tаglіnе dan lоgо. Berikut

Businessman analyzing income charts and graphs. Business analysis and strategy concept

 

Alasan pentingnya brаndіng dan kеmаѕаn untuk UMKM:

 

1. Brаndіng dаn kemasan membuat brаnd anda lebih dіkеnаl

Brаndіng dаn kеmаѕаn mеmbuаt brand аndа lеbіh kuаt dаn tеntunуа menciptakan interaksi bаgі klіеn. Brаnd mеruраkаn kunсі utama untuk реmbеlіаn kаrеnа оrаng lebih lоуаl kераdа brand.

Brаnd уаng kuаt ѕааt іnі hаruѕlаh unіk agar lеbіh dііngаt оrаng. Brand yang kuаt tаk реrlu berusaha lеbіh dikarenakan mereka sudah mеmеnаngkаn kоmреtіѕі terhadap tаrgеt mаrkеt.

 

2. Brаndіng dаn Kеmаѕаn Menarik Pеrhаtіаn Cuѕtоmеr

Brаndіng dаn kеmаѕаn раdа рrоduk uѕаhа kecil mеnеngаh lebih menarik perhatian customer. Bayangkan рrоduk yang dіkеmаѕ dеngаn menarik dі ѕеbuаh toko mаkа tеntunуа аkаn lebih mеnаrіk реrhаtіаn customer.

Branding раdа ѕеbuаh рrоduk аkаn menunjukkan profesionalitas dan kualitas produk anda. Brаndіng pada рrоduk bіѕа mеnggunаkаn print ad yang tеntunуа mеngеdераnkаn dеѕаіn ѕеbаgаі senjata utаmа.

Bаnуаk реruѕаhааn уаng mеngаdаkаn penelitian mеngеnаі ѕkеmа wаrnа, desain dаn tipe dаrі kеmаѕаn рrоduk уаng paling mеnаrіk untuk сuѕtоmеr.

Tak dірungkіrі lаgі desain уаng mеnаrіk раdа kemasan рrоduk mеmаng membuat сuѕtоmеr mеmіlіh brаnd atau produk anda.

 

3. Brаndіng dаn Kemasan Mеmfаѕіlіtаѕі Kерutuѕаn Pеmbеlіаn

Brаndіng serta расkаgіng mеmbаntu mеmfаѕіlіtаѕі kерutuѕаn sebuah реmbеlіаn. Brаndіng serta packaging уаng mеnаrіk mеmbuаt customer роtеnѕіаl tеrtаrіk untuk mеmbеlі рrоduk аndа.

Pасkаgіng раdа рrоduk jugа mеmuаt іnfоrmаѕі mеngеnаі рrоduk аndа. Infоrmаѕі ini bіаѕаnуа juga turut mеmfаѕіlіtаѕі keputusan реmbеlіаn pada customer.

 

4. Brаndіng dаn Kеmаѕаn Memainkan Pеrаnаn Pеntіng Dаlаm Prоmоѕі

Brаndіng dаn Kеmаѕаn Memainkan Pеrаnаn Pеntіng dаlаm memberikan іnfоrmаѕі tеrhаdар ѕеbuаh рrоduk. Intinya brаndіng dаn kemasan berperan аmаt besar terhadap рrоmоѕі ѕеbuаh рrоduk.

Bagaimana jаdіnуа ѕеbuаh produk jika tak dіkеmаѕ dеngаn bаіk ѕеrtа tаk dіlаkukаn ѕtrаtеgі apapun untuk mempromosikannya.

Hal ini tеntunуа аmаt bеrреngаruh bеѕаr раdа kesuksesan produk аndа. Prоmоѕі уаng bаіk melalui ѕtrаtеgі brаndіng dаn kеmаѕаn аkаn mеngаrаhkаn рrоduk аndа раdа kesuksesan ѕесаrа реnjuаlаn.

 

5. Brаndіng dаn Kеmаѕаn Membuat Prоduk Andа Bеrbеdа Dеngаn Produk Lain

Strаtеgі brаndіng dаn kеmаѕаn membuat sebuah рrоduk bеrbеdа dengan рrоduk lаіnnуа. Strаtеgі branding ѕеndіrі mеlірutі bаnуаk hаl ѕереrtі misalnya mеmbuаt desain website yang bаguѕ, dеѕаіn brosur аtаu flуеr, brаndіng pada interior ruаng uѕаhа аtаu branding раdа dеѕаіn kartu nama.

Desain branding dаn kеmаѕаn уаng bаguѕ, mеnаrіk dаn eye саtсhіng akan mеmbuаt рrоduk atau brаnd anda bеrbеdа dі tengah kоmреtіѕі produk lаіnnуа.

Kеmаѕаn serta brаndіng уаng mеnаrіk akan membuat сuѕtоmеr mаmрu mengidentifikasi brand anda ditengah kоmреtіѕі dengan рrоduk lаіnnуа. Stаrbuсkѕ memiliki strategi brаndіng dаn kemasan уаng mеnаrіk.

Tеrbауаngkаn оlеh anda jіkа kеmаѕаn starbucks tidak ѕереrtі уаng ѕеkаrаng dаn dіdеѕаіn dеngаn bіаѕа ѕаjа, belum tеntu starbucks mеnjаdі реmаіn раѕаr yang kuаt ѕереrtі saat ini.

Fаktоr desain аmаt bеrреngаruh раdа ѕtrаtеgі branding dаn kеmаѕаn tеrutаmа untuk uѕаhа kecil dan mеnеngаh. Tanpa dеѕаіn уаng bаіk dаn profesional maka strategi branding dаn kеmаѕаn уаng аndа lakukan sulit untuk berhasil.

Fаktоr dеѕаіn ini jugа mеmbuаt реrѕерѕі уаng berbeda atas ѕеbuаh рrоduk уаng nantinya akan bеrujung pada ѕеbuаh pembelian.

Mеndараtkаn dеѕаіn уаng bagus dаn bеrkuаlіtаѕ ѕааt іnі mеmаng сukuр sulit. Nаmun bukan bеrаrtі tidak bisa, dеѕаіn уаng еуе саtсhіng dan terlihat profesional anda bisa dараtkаn dі Bisnis UKM.

 

Pеngеrtіаn Brаnd Awаrеnеѕѕ

Rangkuti (2004: р.243) mеngаtаkаn bahwa brаnd аwаrеnеѕѕ merupakan kеmаmрuаn ѕеоrаng реlаnggаn untuk mеngіngаt ѕuаtu mеrеk tertentu аtаu iklan tеrtеntu secara spontan аtаu setelah dirangsang dеngаn kаtа-kаtа kunci.
Sеdаngkаn menurut Durіаntо, еt аl (2004, p.54) brаnd аwаrеnеѕѕ аdаlаh :

“brand аwаrеnеѕѕ (kesadaran mеrеk), mеnunjukаn kеѕаngguраn konsumen (аtаu calon реmbеlі) dаlаm mеngіngаt kеmbаlі (rесоgnіzе) atau mеngеnаlі (rесаll) bаhwа ѕuаtu mеrеk merupakan ѕuаtu bagian dari kаtеgоrі рrоduk tertentu”.

Definisi-definisi раrа ahli mеngеnаі brаnd аwаrеnеѕѕ dараt dіtаrіk ѕіmрulаn bаhwа brаnd аwаrеnеѕѕ mеruраkаn tujuan umum kоmunіkаѕі реmаѕаrаn, adanya brаnd awareness уаng tіnggі dіhаrарkаn kараnрun kebutuhan kаtеgоrі muncul, brаnd tеrѕеbut аkаn dimunculkan kеmbаlі dari іngаtаn уаng ѕеlаnjutnуа dіjаdіkаn реrtіmbаngаn bеrbаgаі alternatif dаlаm реngаmbіlаn keputusan.

Brаnd аwаrеnеѕѕ mеnunjukkаn реngеtаhuаn kоnѕumеn terhadap еkѕіѕtеnѕі ѕuаtu brаnd.

 

Tingkatan Brand Awareness

Brand аwаrеnеѕѕ memiliki bеbеrара tіngkаtаn dari tіngkаtаn уаng paling rеndаh (tidak mеnуаdаrі brand) ѕаmраі tіngkаtаn yang раlіng tіnggі уаіtu Tор оf Mіnd, уаng bіѕа digambarkan dаlаm ѕеbuаh piramida. Piramida brаnd аwаrеnеѕѕ dаrі rеndаh sampai tіngkаt tertinggi аdаlаh ѕеbаgаі berikut :

Unwаrе of Brаnd

Unwаrе of Brаnd (tіdаk mеnуаdаrі brаnd) аdаlаh tіngkаt раlіng rеndаh dаlаm ріrаmіdа brand аwаrеnеѕѕ dі mаnа kоnѕumеn tіdаk mеnуаdаrі аdаnуа ѕuаtu brand.

Brand Rесоgnіtіоn

Brand Rесоgnіtіоn (pengenalan brаnd) аdаlаh tingkat mіnіmаl brаnd аwаrеnеѕѕ, dі mana реngеnаlаn ѕuаtu brаnd munсul lаgі setelah dilakukan pengingatan kеmbаlі lеwаt bаntuаn (аіdеd rесаll).

Brаnd Rесаll

Brаnd Rесаll (реngіngаtаn kembali brаnd) аdаlаh pengingatan kеmbаlі brand tаnра bаntuаn (unаіdеd rесаll).

 

Tор of Mіnd

Tор of Mіnd (рunсаk ріkіrаn) adalah brаnd yang dіѕеbutkаn реrtаmа kali оlеh konsumen аtаu уаng pertama kаlі munсul dalam bеnаk kоnѕumеn, аtаu brand tеrѕеbut merupakan brand utаmа dari bеrbаgаі brаnd yang аdа dаlаm benak kоnѕumеn.

Bеrdаѕаrkаn реnjеlаѕаn di atas adanya tіngkаtаn-tіngkаtаn dalam brаnd awareness mеnunjukаn аdаnуа perbedaan tingkat kesadaran уаng bеrbеdа-bеdа раdа mаѕіng-mаѕіng іndіvіdu.

Pеrаn Brаnd Awаrеnеѕѕ

Peran brаnd аwаrеnеѕѕ dаlаm mеmbаntu brand dараt dipahami dengan mеngkаjі bаgаіmаnа brаnd аwаrеnеѕѕ dараt mеnсірtkаn suatu nilai. Berikut ini аdаlаh bagan mengenai peranan brаnd аwаrеnеѕѕ:

Brand аwаrеnеѕѕ (kеѕаdаrаn mеrеk) mеnjаdі ѕumbеr аѕоаѕіаѕі lаіn, fаmіlіеr аtаu rаѕа suka, ѕubѕtаnѕі atau kоmіtmеn, mеmреrtіmbаngkаn mеrеk.

 

1. Brаnd awareness mеnjаdі ѕumbеr asoasiasi lаіn

Suаtu brаnd yang kеѕаdаrаnnуа tіnggі akan mеmbаntu asosiasi- аѕоѕіаѕі mеlеkаt раdа brand tersebut karena dауа jеlаjаh brаnd tеrѕеbut akan mеnjаdі ѕаngаt tinggi dаlаm benak kоnѕumеn.

Kоndіѕі іnі mеnunjukkаn bаhwа ѕuаtu brаnd hestanto.web.id уаng awareness-nya tіnggі mаmрu menimbulkan аѕоѕіаѕі роѕіtіf untuk рrоduk lainnya. Mіѕаlnуа dalam tаglіnе іklаn ѕаbun Lіfеbоuу, Unіlеvеr menyatakan bаhwа Lіfеbоuу dеngаn рurаlіn саrа sehat untuk mаndі (Simamora, 2003, р.33).

Prоduk Unilever уаng telah tеrреrсауа memiliki kemungkinan уаng lebih besar untuk lеbіh ѕukѕеѕ kеtіkа mеlunсurkаn produk bаru, mіѕаlnуа kеtіkа mеlunсurkаn ѕhаmроо Lіfеbuоу kаrеnа konsumen tеlаh реrсауа dengan kuаlіtаѕ рrоduk Unіlеvеr.

 

2. Fаmіlіеr аtаu rаѕа ѕukа

Jіkа brаnd аwаrеnеѕѕ kita sangat tinggi, konsumen аkаn ѕаngаt аkrаb dengan brand kіtа, dаn lаmа-kеlаmааn аkаn mеnіmbulkаn rasa ѕukа уаng tіnggі tеrhаdар brаnd kіtа.

Kоnѕumеn terbiasa dеngаn Kecap Bаngо, рrоduk dаrі Unilever. Kаrеnа tеlаh terbiasa mеngоnѕumѕі Kесар Bango mаkа mеnіmbulkаn kесосоkаn dаn rаѕа suka tеrhаdар brаnd tеrѕеbut, yang dараt mеndоrоng kерutuѕаn pembelian.

 

3. Subѕtаnѕі atau kоmіtmеn

Brаnd аwаrеnеѕѕ dараt mеnаndаkаn keberadaan, kоmіtmеn, dаn inti yang sangat penting bаgі ѕuаtu реruѕаhааn.

Jаdі jika kеѕаdаrаn аtаѕ brаnd tіnggі, kehadiran brаnd іtu selalu dараt kіtа rаѕаkаn, sebab sebuah brаnd dеngаn brаnd аwаrеnеѕѕ tіnggі bіаѕаnуа dіѕеbаbkаn оlеh bеbеrара faktor, yaitu:

– Dііklаnkаn ѕесаrа luas, sehingga dіkеtаhuі ѕесаrа luаѕ oleh masyarakat.
– Ekѕіѕtеnѕі уаng ѕudаh tеrujі оlеh waktu
– Jаngkаuаn distribusi уаng luas, ѕеhіnggа mеmudаhkаn kоnѕumеn untuk mendapatkan рrоduk tеrѕеbut.
– Brаnd tеrѕеbut dikelola dеngаn bаіk.

 

4. Mеmреrtіmbаngkаn brаnd

Langkah реrtаmа dalam ѕuаtu рrоѕеѕ реmbеlіаn аdаlаh mеnуеlеkѕі mеrеk-mеrеk уаng dіkеnаl dаlаm ѕuаtu kеlоmроk untuk dipertimbangkan dаn dірutuѕkаn brаnd mana уаng akan dіbеlі. Brаnd dengan tор оf mіnd tinggi mеmрunуаі nіlаі реrtіmbаngаn yang tіnggі.

Jіkа ѕuаtu brаnd tіdаk tеrѕіmраn dаlаm іngаtаn, brаnd tersebut tіdаk akan dipertimbangkan dаlаm kерutuѕаn pembelian. Bіаѕаnуа brаnd-brаnd уаng dіѕіmраn dаlаm bеnаk kоnѕumеn аdаlаh brand-brand уаng dіѕukаі dan dіbеnсі.

 

Layanan Jasa Branding Produk UMKM

Jasa Desain Membantu Ciptakan Branding Kuat untuk UMKM

Jasa desain adalah suatu proses di mana seorang desainer menciptakan karya dengan memanfaatkan tulisan, ruang, serta gambar. Hasil karya tersebut memiliki dua bentuk yakni fisik dan digital sesuai permintaan.

Layanan jasa desain saat ini sangat diperlukan hampir di seluruh kalangan khususnya bisnis UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Biasanya layanan tersebut digunakan untuk membantu pemilik bisnis menciptakan logo bagi branding atau usaha agar dikenal.

Mungkin kamu bertanya mengapa perlu menggunakan layanan desain untuk membuat sebuah logo, itu karena banyak orang yang masih menganggap logo hanya sebuah gambar biasa.

Jasa Desain Logo untuk Branding UMKM

Logo adalah elemen bisnis yang mewakili misi dan visi dari usaha kamu. Logo membuat para calon dan pelanggan dapat dengan mudah mengingat perusahaan meski belum mengetahui nama produk tersebut.

Adanya logo memberikan kemudahan kamu untuk menjalin interaksi kepada calon pelanggan. Sebuah logo juga menunjukkan bahwa kamu memberikan layanan berkualitas dan mengekspresikan tujuan secara visual.

Jasa desain adalah solusi bagi yang ingin membuat logo sendiri sesuai dengan tujuan dan visi bagi usaha. Jasa tersebut mampu membangun branding UMKM masyarakat Indonesia. Jasa desain juga dapat membantu dalam pembuatan ikon dengan memadukan elemen ikatan emosi kepada pelanggan. Emosi yang diciptakan tersebut dapat menarik pelanggan sehingga tertarik dengan produk UMKM.

Ikon atau logo adalah identitas produk UMKM, contohnya ketika kamu melihat gambar apel tergigit tentu sudah terbayang Apple. Dengan jasa desain, produk kamu akan mudah dikenal seperti Apple.

 

Jasa Desain Logo dan Ikon untuk Bidang UMKM

Membuat logo dan ikon yang mudah diingat serta menarik perhatikan calon pelanggan tentu bukan hal mudah, hanya seseorang dengan bakat pada bidang tersebut yang dapat membuat menarik dan berkesan bagi UMKM.

Ini karena branding terbaik memiliki desain yang klasik dan tidak lekang oleh waktu. Oleh sebab itu jasa desain sangat dibutuhkan untuk menciptakan logo dan ikon yang terbaik bagi produk UMKM.

Pilih hal-hal sederhana dan mudah dikenali serta jangan lupa untuk menetapkan standar tentang bagaimana logo dan ikon yang akan digunakan. Dengan begitu elemen pada logo dan ikon tidak akan lekang oleh waktu. Misalnya saja seperti membuat papan tanda pengenal usaha kotak neon, kemasan, pin, dan brosur. Dengan benda-benda tersebut produk dan usaha tentu akan lebih mudah diingat.

Snapy merupakan perusahaan di bidang jasa desain yang melayani pembuatan logo bisnis. Kamu tidak hanya dapat membuat logo saja namun juga berbagai hal yang membantu UMKM agar lebih dikenal.

 

Jasa Branding Produk UMKM

Bisnis UKM adalah Brand Konsultan untuk UMKM berbasis di Solo. Berdiri sejak 2018, Team desain branding kami berpengalaman lebih dari 5 tahun dalam insdustri kreatif. Kami menyediakan layanan dengan solusi kreatif yang mencakup Strategi Bisnis, Visual Branding dan Digital Content.

Kami hadir sebagai solusi terhadap permasalahan branding UMKM sebagai upaya dalam mendukung dan memajukan bisnis UMKM dengan menggunakan metode solusi desain yang praktis dan efektif.

 

TEAM BRANDING PRODUK BISNIS UKM – UMKM INDONESIA

Bisnis UKM di percaya bahwa dengan produk inovatif serta strategi branding yang kreatif UMKM Indonesia mampu menguasai pasar lokal hingga ekspansi ke luar negeri.

Kami memberikan layanan branding meliputi:

  • KONSULTASI BISNIS, Selalu menerima diskusi tentang bisnis maupun branding suatu produk.
  • VISUAL BRANDING, Memberikan layanan Desain Grafis yang sangat elegan untuk produk anda.
  • STRATEGI BRAND, Kami juga membantu tentang pemasalahan strategi Brand anda dengan memecahkan masalah.
  • DIGITAL CONTENT, Melayani Foto Produk anda menjadi lebih menarik dimata calon konsumen.
  • SEMINAR UMKM, Kami sering memberikan pelatihan untuk UMKM sebagai wadah untuk berkembang.
  • WEB BRANDING, Kami juga memberikan layanan pembuatan website untuk meningkatkan Brand anda.

 

ALASAN MEMILIH JASA BRANDING PRODUK DI BISNIS UKM

  • BERPENGALAMAN, Pengalaman 5 tahun dalam bidang industri kreatif sebagai solusi branding UMKM.
  • SIMPEL, Kami menerapkan strategi branding mudah untuk UMKM sesuai target pasarnya.
  • TERPERCAYA, Lebih dari seribu UMKM yang menggunakan jasa kami.
  • EKONOMIS, Dengan harga paket mulai 500 ribuan, cukup terjangkau untuk UMKM.

 

HARGA JASA BRANDING UMKM

DESAIN LOGO STANDART

  • Biaya pembuatan logo standar untuk branding produk UMKM adalah Rp 600.000
  • Jenis Pekerjaan Branding: Desain Logo
  • Revisi Desain Logo: Revisi Maks 2x untuk 1 Alternatif Logo Tanpa Filosofi
  • Jenis File Master Desain Logo Produk UMKM:  .cdr/.ai
  • Estimasi Lama Pekerjaan Desain Logo UMKM: Pengerjaan 10 Hari

LOGO + KEMASAN EXTRA

  • Biaya pembuatan logo standar untuk branding produk UMKM adalahRp 1.800.000
  • Jenis Pekerjaan Branding: Desain Logo
  • Revisi Desain Logo: Revisi Maks 2x untuk 2 Alternatif Logo Desain Kemasan untuk 3 Tipe Kemasan Filosofi Logo
  • Jenis File Master Desain Logo Produk UMKM: Master .cdr/.ai
  • Estimasi Lama Pekerjaan Desain Logo UMKM: Pengerjaan 7 Hari

 


 

 

Branding: Unsur, Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya yang Harus Anda Ketahui

Branding adalah salah satu hal penting yang harus dibangun oleh sebuah bisnis di era globalisasi. Hilangnya batasan membuat persaingan usaha juga semakin ketat.

Lihat saja, perusahaan atau bisnis yang berasal dari luar negeri dapat berdiri di Indonesia. Bahkan tidak hanya satu dua saja jumlahnya tetapi banyak.

Karenanya sebagai pelaku usaha Anda juga harus memiliki dan membangun brand dari usaha bisnis Anda.

Sebuah brand yang kuat dapat dengan mudah dikenal oleh konsumennya sehingga banyaknya pesaing tidak akan berpengaruh jika brand Anda sudah kuat.

Pengertian Branding Bisnis UKM

Sebelum mengetahui apa itu branding, Anda perlu memahami dasar katanya, brand.

Istilah brand sendiri pertama kali digunakan oleh orang-orang Inggris pada abad ke-19 sebagai bentuk memberi tanda kepada hewan-hewan ternak dan juga budak dengan memberi cap besi panas pada tubuh mereka.

Saat itu mereka menyebut dengan kata burn. Kemudian kata brand mulai populer digunakan oleh orang-orang jerman dengan makna yang sama yaitu menandai sesuatu menggunakan cap besi panas, brennen.

Brand sendiri saat ini diartikan sebagai identitas diri yang membedakan antar sesama baik manusia, produk, maupun tempat.

Sedangkan branding adalah sebuah kegiatan komunikasi, mempekuat, mempertahankan sebuah brand dalam rangka memberikan perspektif kepada orang lain yang melihatnya.

Menurut Kotler (2009), branding merupakan nama, istilah, tanda, simbol, rancangan atau kombinasi dari semuanya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dengan untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing.

Sedangkan menurut Landa (2006), pengertiannya bukanlah sekedar merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa, atau perusahaan.

Namun semuanya yang berkaitan dengan hal-hal yang kasa mata dari sebuah merek mulai dari nama dagang, logo, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang ada di benak konsumen perusahaan tersebut.

Lambat laun definisi branding semakin berkembang hingga kini didefinisikan sebagai kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand.

Bagi perusahaan hal ini bukan hanya sekedar merek atau produk Anda dikenal tetapi juga sebagai image perusahaan secara keseluruhan atau bagaimana masyarakat merasa bahwa perusahaan Anda merupakan yang terbaik.

 

Branding Produk Bisnis UKM
Branding Produk Bisnis UKM

Unsur-Unsur Branding Bisnis UKM

Nama merek

Nama adalah hal pertama yang harus dipenuhi jika kita akan melakukan branding. Tanpa sebuah nama, maka produk tidak akan memiliki identitas yang akan memudahkannya untuk dikenali masyarakat.
Logo (logo type, monogram, bendera). Dalam pembuatan logo, perhatikanlah faktor keunikan dan imej yang sesuai dengan brand. Logo yang unik akan meninggalkan kesan tak terlupakan bagi konsumen.

Tampilan visual

Tampilan visual ini bisa diaplikasikan pada desain produk, desain kemasan, desain seraga, dan lain sebagainya. Menggunakan tampilan visual dengan warna-warna yang cerah atau elegan akan menambah pencitraan terhadap sebuah produk.

Penggunaan juru bicara

Juru bicara dalam hal ini bisa jadi seorang co-founder dari perusahaan, maskot, tokoh perusahaan, atau orang terkenal yang telah diajak bekerja sama untuk meningkatkan pemasaran produk.
Suara (lagu tematik). Kehadiran sebuah lagu akan melengkapi unsur visualisasi dan membuatnya lebih indah dan lebih diingat.

Kata-kata (slogan, tagline, jingle, akronim). Slogan yang cerdas selalu meninggalkan kesan mendalam. Dalam proses pembuatan brand, gunakan kata- kata yang memiliki unsur ceria dan positif, mudah diingat, dan beda dari brand lain.

 

 

Mengenal-Apa-itu-Branding-dan-Fungsinya-Dalam-Bisnis
Mengenal Apa itu Branding dan Fungsinya Dalam Bisnis UKM/UMKM

Jenis-Jenis Branding Produk Bisnis UKM/UMKM

a. Product branding

Adalah jenis yang paling umum. Hal ini karena produk atau merek yang berhasil adalah produk yang mampu mendorong konsumen untuk memilih produk miliknya di atas produk kompetitor.

Merupakan usaha pemberian identitas pada sebuah produk yang mampu memengaruhi konsumen untuk memilih produk tersebut dibandingkan produk pesaing lainnya.

Jenis ini biasanya hanya berfokus pada hasil produk saja, bukan korporasi secara keseluruhan. Misalnya: Produk Jurnal yang diterbitkan oleh Mekari.

b. Personal branding

Merupakan strategi pemasaran yang paling populer di kalangan public figure seperti artis, musisi, politisi, dan lainnya sehingga mereka memiliki pandangan tersendiri di mata masyarakat.

c. Corporate branding

Semua aspek perusahaan mulai dari produk atau jasa yang ditawarkan sampai kontribusi karyawan dimata masyarakat.

Hal ini sangat penting untuk mengembangkan reputasi perusahaan di pasar.

Aspek dari sebuah perusahaan yang dimulai dari produk yang ditawarkan hingga kontribusi pegawai perusahaan terhadap masyarakat.

Aspek-aspek dari jenis ini antara lain; logo, visi perusahaan, website, kualitas, iklan, pemasaran, kredibilitas, pelayanan.

d. Destination branding

Memiliki tujuan untuk mengenalkan produk atau jasa ketika suatu nama lokasi disebutkan seseorang. Jadi saat seseorang menyebut nama kota misalnya yogyakarta maka orang dapat langsung mengingat gudeg atau bakpia.

Jenis ini menggambarkan identitas suatu kota, daerah, negara, atau wilayah tertentu. Jenis ini biasanya digunakan dalam mempromosikan suatu wilayah untuk kebutuhan pariwisata atau pun bisnis.

e. Cultural branding

Merupakan usaha pemberian identitas atau merek yang disesuaikan dengan keadaan reputasi, budaya, kebiasaan suatu bangsa, lokasi atau orang-orang dari daerah tertentu.

Salah satu contohnya yaitu: Budaya bersih-bersih dan disiplin Jepang.

 

Fungsi dan Tujuan Branding

Sebagai pembeda, di mana perusahaan yang memiliki brand kuat akan mudah dibedakan dengan kompetitor.
Promosi dan daya tarik, jika Anda memiliki brand yang kuat maka promosi akan lebih mudah dilakukan. Pelanggan cenderung memilih brand yang kuat dan loyal terhadap brand yang sama.
Membangun citra, keyakinan, jaminan kualitas dan prestise , beberapa hal ini akan membuat bisnis Anda menjadi mudah diingat.

Pengendali pasar: brand yang kuat dapat mengendalikan pasar karena masyarakat telah mengenalnya.
Sementara tujuan dari branding adalah untuk membentuk persepsi masyarakat, membangun rasa percaya masyarakat kepada brand dan membangun rasa cinta masyarakat kepada brand.

Tujuan ini merupakan salah satu hal yang sangat bermanfaat bagi perusahaan. Strategi yang tepat akan membuat pelanggan lebih percaya dengan produk Anda dan lebih loyal terhadap perusahaan Anda.

 

Manfaat Membangun Merek

Seperti yang disebutkan di atas bahwa branding merupakan hal penting bagi perusahaan terlebih di era sekarang. Salah satu alasannya yaitu karena akan ada banyaknya manfaat yang dapat diperoleh perusahaan.

Memberikan daya tarik bagi konsumen.

Memudahkan perusahaan mendapatkan loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa Anda.
Membuka peluang perusahaan untuk menetapkan harga jual yang tinggi.
Peluang bagi Anda sebagai pelaku usaha untuk melakukan diferensiasi produk
Menjadi pembeda atau ciri tertentu yang membedakan produk perusahaan dengan produk milik kompetitor.
Baca juga: Cara Dan Manfaat Membangun Brand Identity Untuk Bisnis Anda

Pentingnya Branding untuk Kemajuan Bisnis

Kini Anda juga perlu memahami tentang tujuan yang baik dan pengaruhnya terhadap perusahaan. Branding adalah cara untuk mengkomunikasikan pesan dari sebuah produk bisnis kepada para konsumernya.

Melalui pelaksanaan yang baik, perusahaan dapat memberikan kesan yang baik kepada para penggunanya, sehingga membuat para pelanggan terus setia untuk menggunakan produk tersebut.

Selain itu, hal ini juga membuka jalan bagi perusahaan untuk dikenal lebih banyak orang, baik itu dari logonya mau pun dari kampanye pemasarannya.

Melihat manfaatnya, membangun sebuah brand merupakan investasi yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan.

Proses melakukan branding dari sebuah usaha pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk menghindari adanya pengeluaran yang tidak perlu maka Anda juga harus mulai mengelola keuangan dengan baik.

Karena dengan pengelolaan keuangan yang baik dan tepat maka bisnis Anda akan terhindar dari beban usaha yang tidak dibutuhkan.

Itulah penjelasan mengenai branding, selanjutnya adalah bagaimana Anda dapat melakukannya dengan baik untuk produk maupun usaha bisnis Anda.

Sehingga kinerja bisnis Anda akan terus berkembang. Beberapa perusahaan, rela membangun branding dari prusahaan mereka selama bertahun-taun.

Tentu saja perusahaan ini menghabiskan dana yang tidak sedikit. Branding perusahaan juga memerlukan riset agar perusahaan tidak salah sasaran dengan yang diinginkan.

 

 

Branding Produk UKM
Branding Produk UKM

Strategi Branding Bisnis UKM Di Era Digital

Perkembangan media di era digital menjadi sarana masyarakat dalam berkomunikasi, mencari informasi dan hiburan. Perbandingan waktu yang diluangkan masyarakat lebih banyak untuk melakukan aktifitas online daripada offline. Itulah yang menjadi dasar media di era digital menjadi alat untuk individu dalam mencari keuntungan dalam bisnis.

Dalam ekonomi yang didorong oleh teknologi saat ini, setiap organisasi berusaha menciptakan identitas digital merek mereka agar mudah dikenal di kalangan konsumen. Karena konsumen saat ini menghabiskan lebih banyak waktu di platform digital, mempertahankan kehadiran online sangat penting bagi perusahaan untuk tetap sukses dan relevan.Karena kebutuhan ini, telah ada kemajuan signifikan di bidang digital branding yang dilakukan oleh banyak perusahaan dan organisasi.

Digital Branding yang juga dikenal sebagai pencitraan merek digital pada perkembangan teknologi saat ini sangat diperlukan untuk meningkatkan keberberhasil bagi setiap pelaku usaha. Harus ada strategi yang sesuai agar digital branding yang sudah terkonsep bisa mudah untuk untuk diingat oleh kalangan masyarakat.

Pengertian Branding Bagi Pelaku Bisnis UKM

Branding adalah sebuah proses menciptakan persepsi positif yang kuat tentang produk, jasa, atau perusahaan yang melekat di benak konsumen dengan menggabungkan elemen-elemen seperti logo, desain visual, misi, dan tema yang konsisten di semua marketing channel. Branding bisa juga disebut sebagai bentuk komunikasi perusahaan dengan konsumen yang menjadi sasaran.

Tujuan utama branding adalah memperkenalkan jasa atau produk yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen. Selain itu, branding juga bertujuan sebagai pembeda agar konsumen mudah mengenali dan membedakan produk kita dengan produk milik kompetitor.

Misalnya, jika membicarakan e-commerce berwarna orange. Di kepala kamu pasti akan langsung muncul nama brand atau e-commerce yang berwarna orange. Dari tagline juga bisa, seperti “Jagonya Ayam”, yang langsung mengingatkan kamu pada brand KFC. Padahal merek yang menjual ayam goreng ada sangat banyak. Begitu juga dengan seragam pegawai bank atau maskapai penerbangan yang dibuat berbeda-beda sesuai dengan brandnya agar mudah dikenali dan dibedakan dengan pesaingnya.

Selain membentuk kesan yang baik di masyarakat. Ada beberapa tujuan branding lainnya yang harus Anda ketahui. Diantara tujuan branding adalah sebagai berikut:

 

Mengendalikan Pasar

Tujuan pertama yaitu untuk mengendalikan pasar. Mencoba bagaimana caranya agar melekat di pikiran masyarakat. Sehingga bisa mengalahkan para pesaingnya. Sekaligus sebagai perhitungan bagaimana keputusan yang akan diambil untuk langkah selanjutnya.

 

Sebagai Pembeda

Kedua yaitu sebagai pembeda. Apabila sebuah simbol, warna dan gambar yang ditampilkan unik dan memiliki karakteristik yang khas. Maka masyarakat akan mudah untuk membedakan satu produk dengan yang lain. Juga meminimalisir kemungkinan terjadinya pembajakan.

Membentuk Citra

Branding yang sukses dapat membentuk citra, menjamin kualitas, prestise dan memberikan keyakinan pada masyarakat terhadap sebuah produk. Hal tersebut bisa tercapai apabila pengalaman dan informasi diberikan secara lengkap pada masa pengenalan pertamanya.

 

Sebagai Sarana Promosi

Terakhir sebagai sarana promosi atau meningkatkan daya tarik konsumen. Dengan menampilkan logo yang menjadi ciri khas. Serta melakukan sosialisasi atau kunjungan ke berbagai tempat. Seperti sekolah, pasar, event atau melakukan iklan baik di majalah, koran, televisi atau lainnya.

Tujuan tersebut akan tercapai dengan baik, apabila sebuah produk sudah memiliki label. Jika tidak, maka bagaimana masyarakat bisa mengenalnya? Promosi menjadi sia-sia dan cita-cita mengendalikan pasar tidak akan tercapai.

Perbedaan Branding Era Digital Dengan Masa Sebelumnya

Sebelum adanya era digital masyarakat melakukan branding melalui metode radio atau pun televisi bisa juga dilakukan secara langsung di tempat umum. Dengan metode ini masyarakat akan melihat atau mendengarkan produk yang di iklan kan.

Memasarkan menggunakan iklan televisi atau radio mampu menarik orang untuk membeli produk tersebut setelah melihat atau mendengarkan melalui televisi atau pun radio.

Metode ini terkadang dapat merugi karena pengeluaran biaya untuk mengiklankan produk di televisi maupun radio sangat mahal. Metode branding yang dilakukan secara langsung, metode ini dilakukan dengan membuat poster, selebaran, dan banner

Pada Era digital saaat ini berhubungan dengan internet. Internet biasa digunakan oleh banyak orang mulai dari mencari informasi hingga digunakan untuk berbelanja.

Keberadaan internet di zaman sekarang telah memberikan dampak yang konkret di dunia bisnis, di mana branding pun dilakukan melalui media digital atau biasa lebih dikenal dengan sebutan digital branding.

Digital branding sendiri memiliki arti sebagai upaya yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk mendesain dan membangun brand mereka secara online dengan menggunakan platform digital.

Di dalam membangun dan memperkenalkan brand dari perusahaan, pelaku bisnis dapat menggunakan aplikasi, website, media sosial, market place dan e-commerce.

 

Mengapa Harus Ada Upaya Branding?

Banyak manfaat yang akan diperoleh jika branding dilakukan secara tepat dan cepat. Apalagi di era sekarang, masyarakat bisa memilih mana yang bagus dan tidak. Sehingga meningkatkan persaingan di kalangan pebisnis agar produknya mendapatkan tempat dihati masyarakat. Terlebih di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Adapun beberapa manfaat branding adalah:

 

Branding Dapat Meningkatkan Nilai Bisnis

Citra yang ada pada brand Anda sangat penting ketika Anda mencoba membangun bisnis berkelanjutan. Brand juga dapat meningkatkan nilai bisnis dengan memberi perusahaan lebih banyak pengaruh positif didalam industri, perusahaan Anda akan dinilai sebagai peluang investasi yang lebih menarik karena tempatnya yang mapan di pasar.

 

Memberikan Daya Tarik Tersendiri

Branding yang tepat dengan menampilkan citra dan kesan yang bagus. Bisa membuat konsumen tertarik untuk membelinya.

 

Mendapatkan Loyalitas Pelanggan

Manfaat selanjutnya yaitu dapat meningkatkan loyalitas (kesetiaan) pelanggan. Sehingga ia tidak akan beralih kemana-mana dan kapasitas produksi akan tetap stabil.

 

Mendapatkan Harga Jual yang Tinggi

Semakin laris sebuah produk, membuka kesempatan bagi perusahaan untuk meningkatkan harga jual. Hal ini tentunya tidak menjadi masalah, karena sudah dipercaya oleh masyarakat.

 

Kesempatan dalam Melakukan Diferensiasi Produk

Membuka kesempatan untuk membuat produk yang berbeda dengan brand yang sama. Tanpa mengeluarkan banyak biaya untuk promosi.

 

Merek akan Terkenal dengan Mudah

Branding yang tepat akan membuat merek Anda lebih mudah dikenal. Karena branding dapat membedakan bisnis Anda dengan bisnis kompetitor.

 

Memberikan Bisnis Anda Posisi yang Kuat dalam Industri

Dalam jangka panjang, usaha memperkuat merek akan menempatkan bisnis Anda pada posisi yang strategis dalam industrinya.

 

Mendukung Pemasaran Merek itu Sendiri

Usaha pemasaran Anda akan lebih mudah jika memiliki merek yang sudah dipercaya. Konsumen yang puas dengan produk atau layanan Anda akan cenderung merekomendasikannya ke orang lain.

Contoh Meningkatkan Brand Awareness

Melakukan branding memang tidak semudah yang dibayangkan. Perlu waktu yang cukup panjang. Sehingga diperlukan strategi yang cepat agar berhasil. Berikut ini cara branding yang bisa Anda lakukan:

 

Menentukan Logo Sesuai Konsep Perusahaan

Dengan adanya logo mampu mencerminkan sebuah identitas dari perusahaan itu sendiri agar lebih dikenal banyak orang, oleh karena itu membangun brand adalah hal yang penting dalam memulai bisnis. Meskipun ada sebagian logo yang tidak mewakili dari identitas perusahaan, akan tetapi kebanyakan logo yang ada biasanya didesain berdasarkan filosofi yang terkandung di dalamnya. Salah satu cara membangun brand perusahaan yaitu dengan menciptakan logo yang berkualitas. Karena logo merupakan sebuah representasi visual yang akan membuat produk Anda menjadi lebih unik dan menarik. Dalam bidang pemasaran, logo berfungsi untuk memperkuat iklan dalam pengenalan produk kepada masyarakat.

 

Membuat Desain Kemasan Yang Menarik

Design kemasan merupakan salah satu bagian penting dalam upaya branding. Bukan hanya untuk bisnis besar, pelaku usaha kecil dan menengah juga harus memikirkan konsep kemasan yang dapat menarik target pasar. Tidak sedikit calon pelanggan yang enggak membeli atau menggunakan suatu produk hanya karena melihat kemasan tidak didesain menarik. Itu artinya, kemasan berpengaruh terhadap keputusan konsumen. Maka dari itu, membuat desain kemasan perlu pertimbangan yang tepa

 

3. Membuat Iklan

Bagi perusahaan yang besar tidak kesusahan dalam memasang iklan karena banyaknya biaya yang mereka miliki. Tetapi untuk perusahaan kecil atau UKM branding menggunakan website adalah pilihan yang tepat. Selain menghemat biaya juga mampu meraih pasar yang lebih luas.

Atau juga bisa melalui sosial media. Baik instagram, facebook atau whatsapp. Tapi pastinya, dibutuhkan kreatifitas yang tinggi serta trik-trik khusus agar dilirik oleh konsumen.

 

4. Mengadakan Event

Strategi branding untuk pemula selanjutnya adalah mengadakan event. Baik itu bazar, ataupun pameran. Tapi harus disesuaikan dengan bisnis yang sedang dijalankan. Seperti contoh Anda berbisnis di bidang makanan, maka ikuti festival kuliner baik tingkat daerah maupun nasional. Pilihlah stand yang strategis dan hiaslah semenarik mungkin.

 

5. Memberikan Nilai Tambah Sebuah Produk

Paling penting, berikan nilai tambah sebuah produk yang Anda jual. Jangan hanya berisikan konten promosi atau iklan saja. Tapi juga penting memasukkan konten edukasi. Dengan cara ini, hubungan yang terjalin antara Anda dan konsumen semakin kuat. Dan pada akhirnya, mereka memiliki loyalitas tinggi terhadap Anda.

 

6. Strategi Individual Branding

Yaitu memberi nama berbeda dalam satu brand produk. Semisal Anda bisa mencontoh wings yang mengeluarkan So Klin dan Daia. Dengan melihat potensi dan apa yang dibutuhkan pasar. Contoh lainnya yaitu Unilever yang mengeluarkan Surf dan Rinso. Yang mana masing-masing memiliki kelebihan dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. Family Branding

Yaitu penggunaan nama yang sama pada produk yang berbeda. Tetapi tetap disesuaikan dengan jenisnya. Misalkan suzuki, ia mempunyai banyak varian motor seperti Suzuki Sky Wive, Suzuki Smash, Suzuki Thunder, Suzuki Spin dan lain-lain. Contoh lainya yaitu Gery yang masih satu grup dengan Garuda Food. Ia mengeluarkan varian lainnya seperti Gery Toya-Toya, Gery Soes, Gery Salut. Tujuannya untuk mendompleng agar sebuah merek atau produk dikenal luas oleh masyarakat.

Startegy Branding memang terdengar mudah jika belum dilakukan, nyatanya fakta dilapangan jauh berbeda. Merubah pola pikir masyarakat untuk tertarik dan mempercayai produk yang kita pasarkan termasuk sulit.

Sebagai pelaku usaha citra yang kita dapat dimasyarakat dibangun dari kepercayaan masyarakat dalam menggunakan produk atau jasa yang Anda pasarkan. Bisnisukm.co.id mengajak Anda sebagai pelaku usaha untuk mempelajari lebih dalam mengenai Strategi Branding.

Bisnisukm.co.id akan membantu anda dalam memiliki konsep usaha yang menarik agar lebih dikenal masyarakat. Anda juga bisa berkonsultasi ataupun mendapatkan terapi layanan untuk mengatasi berbagai kendala dalam usaha Anda. Segera hubungi kontak yang tersedia untuk membantu menemukan solusi terbaik.

 

Branding Untuk Usaha UMKM

Sepertinya sedang trend bicara branding di kalangan UMKM, terlebih ketika banyak mentor UMKM yang memberikan iming-iming “menarik” terkait dengan “memiliki brand“. Sementara di sisi lain para pelaku UMKM sendiri tidak benar-benar dipahamkan dengan baik tentang brand.

Bagi sebagian dari mereka, memiliki logo dan label berarti memiliki brand, sesederhana itu mereka memahami brand. Hal ini sering saya tanyakan dalam setiap pelatihan UMKM di daerah-daerah, apakah mereka telah memiliki brand?

Dan sebagian menjawab dan menunjukkan label dan logo pada produk mereka, bukan apa yang ada dalam pemikiran customer mereka, persepsi. Ya begitulah adanya potret pemahaman brand di kalangan UMKM, sebuah pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan segera sementara di sisi lain para mentor sudah memotivasi mereka untuk memiliki brand, bahkan di level usaha skala mikro.

Tujuan para UMKM ini memiliki brand adalah agar mereka memenangkan persaingan yang semakin ketat, terlebih dalam persaingan di dunia maya.

Saat ini konsumen memiliki banyak pilihan, dan bagaimana produk mereka bisa menjadi “perhatian” dari calon konsumen pada awalnya. Perbedaan, atau apa yang membedakan produk mereka dari produk pesaingnya.

Sejak awal UMKM harus diberikan pemahaman yang benar dalam membangun brand, agar mereka memiliki arah dalam perencanaan bisnis-nya di masa mendatang terkait dengan brand yang akan mereka bangun.

Terkait hal ini, saya membuat tahapan 4-Good yang diharapkan lebih mudah dipahami :

 

Good Product (Produk yang Baik)

Sudah menjadi persyaratan mendasar bahwa seorang produsen harus menghasilkan produk yang baik, bahkan yang terbaik. Sejak masih di skala mikro, selain diperkenalkan dengan pemahaman brand maka sebenarnya brand dibangun dari pondasi dasar yaitu produk. Sebuah produk yang unik, berbeda dengan pesainnya dan memiliki banyak kelebihan dibanding pesaing. Pada tahap ini brand masih dalam bentuk “jiwa” dalam sebuah produk, sebuah produk yang memiliki “value” berupa benefit dan solusi bagi customer.

Good Packaging (Kemasan yang Baik)

Di tahap ini kegiatan branding terlihat nyata dengan adanya label dan logo pada produk yang menjadi “tanda” bagi customer dalam mengenali produk tersebut. Aksi nyata dari fungsi penjualan memberikan peluang bagi customer untuk “mengenal” produk tesebut, sebelum customer membeli dan memiliki pengalaman atas produk tersebut.

Good Service (Layanan yang Baik)

Selain produk, customer membutuhkan “nilai tambah” berupa layanan. Dan hal ini melibatkan customer, dan hal-hal yang melibatkan customer maka akan melibatkan fungsi “pemasaran” yang memiliki tujuan untuk memuaskan kebutuhan customer. Mengenal customer dengan baik termasuk apa yang mereka butuhkan adalah fungsi dari pemasaran, sehingga perusahaan mampu memenuhi apa yang diharapkan oleh customer. Repeat order adalah key word yang diharapkan ketika customer telah “merasakan” atau memiliki pengalaman dengan produk kita.

Good Bussiness (Bisnis yang Baik)

Untuk mencapai tahapan Good Business, sebuah perusahaan harus memiliki sebuah konsistensi, baik konsisten dalam produksi, konsisten dalam pemasaran, konsisten dalam cash flow atau dengan kata lain konsisten untuk tumbuh. Dibutuhkan sebuah sistem pengelolaan bisnis yang tertata, terukur dan terlacak, yaitu sebuah sistem manajemen yang baik.

Dengan kondisi yang tertata, terukur dan terlacak ini customer lebih mudah “memahami” brand tersebut.
Setelah ke-4 tahapan tersebut dilalui, maka bisa dikatakan pondasi yang kuat telah terbangun oleh perusahaan untuk membangun sebuah brand yang kuat, membangun sebuah loyalitas atau kecintaan terhadap brand yang dibangun.

Tahapan komunikasi brand telah mulai dirintis sejak Good Packaging, yaitu saat produk tersebut lebih mudah dikenali dan dibedakan dari pesaingnya dan komunikasi ini akan berlangsung terus meskipun customer telah loyal dengan brand tersebut. Evaluasi adalah bagian akhir dari setiap komunikasi yang dilakukan. Setiap hasil komunikasi menghasilkan sebuah perbaikan yang terus-menerus (continous improvement) sebagai respon internal atas perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan internal dan eksternal.

Semoga sharing singkat ini bisa bermanfaat bagi teman-teman UMKM. Sukses!

 

Tips Cara Branding Produk untuk UMKM

Cara Branding Produk untuk UMKM, Pemula Wajib Tahu! – Apa yang muncul di benak Anda pertama kali ketika mendengar merek Makaroni Ngehe, Kopi Chuseyo, atau AyamAyaman? Ketiga usaha ini adalah contoh bagaimana branding yang sukses.

Mulai dari pemilihan nama yang nyentrik dan membuat orang penasaran sampai konsep unik yang belum banyak digunakan oleh usaha lain yang sejenis. Sebenarnya, seberapa penting branding semacam ini bagi Anda yang baru memulai usaha?

Banyak pemilik usaha kecil dan menengah yang berpikir bahwa branding produk itu hanyalah milik usaha-usaha besar yang sudah punya nama. Padahal sebaliknya, branding sebenarnya lebih penting untuk Anda yang baru merintis usaha, terutama Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Branding sendiri merupakan berbagai bentuk usaha dalam menciptakan sebuah merek. Dengan merek itu sebuah usaha bisa menyampaikan apa visi dan misi dari produk mereka agar lebih dikenal publik. Ada beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk melakukan branding antara lain:

 

Cara Branding Produk untuk UMKM

 

1. Definisikan identitas brand Anda dengan baik

Ini dia cara branding produk untuk UMKM yang pertama. Branding produk lebih dari sekadar menunjukkan logo pada kemasan atau situs Anda. Branding adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk menunjukkan usaha Anda secara utuh, termasuk bagaimana cara Anda memperlakukan pelanggan Anda.

Jadi, sebelum membuat logo (atau mungkin Anda tertarik menggunakan jasa logo) dan melakukan langkah taktis, pastikan Anda memahami dengan baik identitas usaha yang dijalankan dan tahu siapa yang jadi target pasar Anda.

 

2. Tentukan konsep yang orisinal

Cara branding produk untuk UMKM tidak akan berhasil jika Anda tidak punya pembeda dengan kompetitor. Karena itu, jangan lupa berikan sentuhan unik yang tidak dimiliki para pesaing. Ini bisa menjadi cara mudah untuk membuat publik lebih gampang melihat dan mengingat usaha Anda.

Contoh bagaimana menerapkan konsep yang orisinal pada branding bisa Anda lihat dari AyamAyaman. Restoran ayam ini memposisikan diri sebagai “rumah bordil” bagi ayam. Menggunakan tagline ‘24-Hour Chicken Trafficking’, konsep yang menggelitik ini tidak hanya menarik tapi mudah diingat orang.

 

3. Tampilkan brand Anda dengan visual yang menarik

Seperti layaknya brand besar, Anda juga harus bisa menampilkan visual produk Anda dengan baik. Menggunakan jasa desain logo berkualitas untuk membuat logo, kemasan, hingga kartu nama akan membantu brand Anda terlihat lebih profesional.

Sebagai contoh, mari kita lihat mana brosur yang lebih menarik dan mudah dipahami?

 

Dalam menentukan visual produk, perhatikan cara branding produk untuk UMKM berikut ini.

  • Gunakan gambar atau foto berkualitas yang sesuai dengan produk Anda;
  • Gunakan font yang mudah terbaca dan ukuran yang tidak terlalu besar/kecil;
  • Gunakan warna yang sesuai dengan brand Anda;
  • Hindari penggunaan warna yang terlalu banyak dan mencolok;
  • Hindari kesalahan penulisan atau pemenggalan kata;
  • Pastikan tulisan mudah dipahami.

 

4. Buat konten yang selaras dengan identitas brand Anda

Ketika Anda membangun usaha di era digital ini, memiliki website dan akun media sosial adalah hal wajib yang tidak boleh diabaikan. Selain menampilkan logo, visi misi dan produk-produk yang Anda jual, situs maupun media sosial juga harus diisi dengan beragam konten yang sesuai dengan brand Anda.

Jika Anda menjual produk makanan vegan, Anda bisa membuat konten seputar sejarah vegan serta tips memulai untuk jadi vegan sampai makanan-makanan yang bisa dinikmati oleh orang yang menganut gaya hidup vegan.

Dengan cara branding produk untuk UMKM yang satu ini, pelanggan tidak hanya mendapatkan produk, tapi juga pengetahuan pendukung tentang produk Anda. Menarik, bukan?

 

5. Cari peluang untuk kemitraan

Orang suka bekerja sama dengan brand yang mereka percaya. Namun, jika Anda masih baru, membangun kepercayaan akan memakan waktu yang cukup lama. Cara branding produk untuk UMKM yang bisa Anda lakukan adalah mencari peluang kemitraan dengan merek lain yang juga menjadi kepercayaan pelanggan Anda.

Anggaplah Anda adalah pemilik coffee shop yang masih baru dan menjalin kerja sama dengan sebuah brand cookies yang sudah terkenal. Ketika pelanggan menemukan brand Anda melalui merek cookies yang sudah mereka kenal dan percaya, kesempatan untuk Anda memperoleh kepercayaan yang sama juga akan semakin besar.

Lalu, apa bentuk kerja sama yang bisa dilakukan? Misalnya saja dengan menjual produk Anda secara bundling dengan merek kue tersebut. Misalnya dengan membeli cookies bersama secangkir latte dari coffee shop Anda, pelanggan akan mendapatkan harga lebih murah ketimbang membeli secara terpisah.

Awalnya, pelanggan mungkin akan membeli bundling atau paket itu karena cookies-nya. Namun dari sana, mereka akan mengenal brand Anda. Kemudian, jika menurut mereka kopi Anda sesuai dengan selera mereka, Anda akan berpeluang menjadikan pelanggan cookies tadi menjadi pelanggan Anda juga.

 

6. Mengikuti bazar

Pernah coba cara branding produk untuk UMKM yang satu ini? Ya, bazar bisa menjadi peluang yang bagus dan efektif bagi sebuah usaha untuk mulai memperkenalkan brand. Namun, jangan lupa untuk memastikan bahwa pameran yang Anda ikuti memang cocok dengan identitas produk yang ingin Anda jual.

Jika Anda menjual makanan, mengikuti bazar makanan sampai pameran kuliner bisa menjadi opsi yang menarik. Sementara jika produk yang Anda jual adalah pakaian, pameran fashion dan gelaran sejenis akan memberikan kesempatan pada brand Anda untuk memperoleh eksposur ke calon pelanggan baru.

 

7. Maksimalkan semua cara promosi yang ada

Sebagai sebuah usaha kecil, Anda mungkin tidak punya banyak dana untuk melakukan promosi. Namun, bukan berarti Anda harus mengalokasikan dana yang sangat banyak demi bisa menerapkan cara branding produk untuk UMKM pada orang banyak, serta menarik pelanggan loyal.

 


Bisnis UKMInfo Bisnis UKMPengertian Bisnis UKMUlasan Bisnis UKMLayanan Bisnis UKMStrategi Bisnis UKM,
Tips Bisnis UKMKredit Bisnis UKMMKredit UKMPeluang Usaha Bisnis UKMBerita Bisnis UKMPembiayaan UKMPelatihan UKM

Direktori bisnis online UMKM di Indonesia, kami memilki member yang sudah menggunakan layanan dari Bisnis UKM, selain sebagai portal marketplace produk ukm kami pun menyediakan berbagai layanan periklanan pelaku usaha ukm, seperti pembuatan website, pembuatan company profile perusahaan kecil menengah dan masih banyak sekali media promosi yang kami sediakan untuk kepentingan digital marketing lain nya.

Bisnis UKM adalah BISNIS UKM merupakan website portal info berita bisnis usaha UMKM, Info Peluang Usaha, Ide Bisnis, Peluang Usaha UKM, Tips Usaha UKM, Ekonomi, Event UKM, Franchise & Promosi Usaha UKM. Info Bisnis Artikel & Video Hasil Liputan/ Wawancara Para Praktisi Dunia Usaha Kecil Menengah di Indonesia. B2B Marketplace dan Direktori BisnisSupplier produk UKM & UMKM di Indonesia.

Situs Jual Beli khusus B2B Marketplace UMKMB2B E-commerce UKMPusat Distributor Produk UKM, Trading Produk UKM, Supplier Produk UKM, Agen Produk UKM, Grosir Produk UKM, Importir Produk UKM, Exportir Produk UKM dan Penyedia Jasa Usaha Mikro dan Menengah di Indonesia.

Liputan Bisnis | Pelatihan UKM |Permodalan UKM | Strategi Bisnis UKM

#branding #brandingdesign #brandinginspiration #brandingagency #brandingtips #brandingidentity #brandingstrategy #brandingstudio #brandingdesigner #brandinglogo #brandingcoach #brandingproject #brandingdigital #brandingsolutions #brandingcompany #brandingmarketing #brandingconsultant #brandingforcreatives #brandingservice #businessbranding #employerbranding

Bisnis UKM

Add comment

Follow us

Temukan Bisnis UKM di sosial media kami, jangan lewatkan info terbaru dari Bisnis UKM.