Bisnis UKM - Direktori Info UKM, Event Bisnis UKM, Berita Bisnis UKM,  Peluang Usaha UKM, Produk UKM & UMKM
Pemasaran Online Untuk Keberhasilan Bisnis UKM

Keuntungan Pemasaran Online Untuk Keberhasilan Bisnis UKM

Keuntungan pemasaran online untuk keberhasilan bisnis ukm,  Manfaat pemasaran online memang sangat berpengaruh besar pada penjualan di perusahaan. Pemasaran salah satu bagian terpenting dalam menjalankan bisnis apapun itu. Pemasaran merupakan sebuah proses, mulai dari iklan yang membidik konsumen sesuai dengan barang maupun jasa yang ditawarkan dengan proses penjualan menyeluruh dan termasuk juga tindak lanjut setelah pembelian.

Bagi para pelaku bisnis, penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa pemasaran online atau marketing online menyediakan banyak manfaat jika dibandingkan dengan jenis pemasaran lain yang lebih tradisional.

Pemasaran online terbukti sudah memberikan banyak manfaat bagi para pebisnis. Misalnya, membantu perusahaan untuk melakukan riset pasar sendiri. Namun, menggabungkan antara pemasaran online dan offline adalah cara yang sangat baik. Akan tetapi manfaat pemasaran online tersebut bisa membantu Anda para pebisnis untuk menciptakan strategi pemasaran secara tepat, bahkan dapat lebih sukses dari pemasaran offline.

 

Manfaat Dari Pemasaran Online Bisnis UKM

Bagi banyak perusahaan, menggunakan pemasaran online merupakan cara untuk menghemat anggaran. Setiap pelaku bisnis tentunya sedang mencari cara, pemasaran seperti apa yang lebih efektif dan efisien sekaligus dapat mengumpulkan uang sebanyak – banyaknya.

Salah satu solusinya yaitu dengan mengevaluasi pemasaran online. Berikut adalah beberapa manfaat pemasaran online yang tidak tersedia dalam pemasaran offline :

 

1. Tidak Terbatas Ruang dan Waktu

Internet tersedia untuk bisa diakses setiap saatnya. Pelanggan bisa mengunjungi situs tempat yang Anda pergunakan untuk memasarkan produk milik Anda kapanpun dan dimanapun juga selama mereka bisa bisa mendapatkan akses internet.

 

2. Biaya Pemasaran Lebih Murah

Biaya pemasaran online relatif lebih murah dibandingkan dengan pemasaran offline. Pemasaran bisa Anda lakukan dengan cara memajang produk di website milik sendiri maupun website milik pihak lain melalui agen pemasaran online. Pelaku bisnis bahkan dapat memanfaatkan website maupun blog gratis yang ada di situs-situs tertentu. Tidak perlu mengeluarkan baiya perjalanan dan cetak materi. Sehingga biaya operasional relatif lebih rendah,

 

3. Kemudahan Memilih Target Pasar

Pebisnis bisa menawarkan produk kepada para komunitas tertentu melalui forum maupun sosial media. Anda juga bisa memasang iklan secara gratis atau yang berbayar dengan menggunakan kata kunci tertentu. Hal itu untuk membantu Anda dalam memilih target pasar yang potensial.

 

4. Organisasi Lebih Mudah dan Sederhana

Anda tidak perlu lagi memajang produk atau barang secara fisik, namun cukup menyediakan katalog maupun daftar barang dan deskripsi singkat mengenai masing-masing barang tersebut. Pebisnis juga tidak membutuhkan banyak karyawan penjual, Anda hanya perlu karyawan yang bertugas menangani pemesanan secara online dan karyawan di bidang pengiriman barang.

 

5. Kemudahan Mengelola Barang

Jika Anda menjual produk atau barang secara online dengan memanfaatkan website sendiri, sistem manajemen situs akan menyediakan sistem pengelolaan barang serta pergudangan. Anda juga bisa dengan mudah melihat stok barang. Dengan begitu, mungkin Anda tidak membutuhkan etalase dan Anda juga bisa menjual barang berdasarkan pesanan. Hal ini tentu saja akan mempermudah Anda dalam mengelola barang dagangan.

 

6. Pelayanan Lebih Fokus

Pelaku bisnis tidak perlu khawatir akan banyak pelanggan yang tidak terlayani, karena sistem komputer dapat menampung semua pesanan. Anda hanya perlu melayani para pelanggan yang akan melakukan pembelian.

 

7. Riset Pasar Lebih Mudah

Pemasaran online bisa membantu para pelaku bisnis dalam melakukan riset pasar mengenai produk-produk yang banyak diminati oleh konsumen misalnya dengan cara melihat kata kunci yang banyak mereka cari di situs Anda. Hal ini juga dapat membantu Anda dalam merencanakan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

 

8. Membangun Hubungan Yang Lebih Efektif

Dengan pemasaran online membangun hubungan yang lebih baik dibandingkan dengan beberapa puluh tahun yang lalu. Pemasaran online dengan menggunakan email dan lain sebagainya dapat membantu menargetkan pesan. Anda juga bisa menggunakan kelompok sosial untuk menjaring sebuah jaringan dan berkomunikasi secara terus menerus.

 

9. Cara Paling Umum Memeriksa Perusahaan

Di era modern dengan perkembangan teknologi yang menyediakan berbagai kemudahan membuat semuanya serba mudah. Termasuk memeriksa suatu perusahaan di zaman sekarang tak perlu datang langsung dilokasi. Anda bisa mengeceknya di internet maka perusahaan akan muncul. Situ web perusahaan sekarang diikuti oleh pencarian online, teman kolega dan media sosial.

 

Memudahkan Dimana Pun Terlihat Oleh Client

Di zaman modern ini perlu sekali perusahaan Anda terlihat oleh calon klient. Semakin banyak yang mencari perusahaan Anda maka kehadiran pemasaran online sangat dibutuhkan tentunya. Klient akan cenderung mencari ulasan mengenai perusahaan Anda, rating dan reputasi perusahaan di internet.

 

Meraih Untung Lebih Besar

Penggunaan pemasaran online dinilai sangat berpengaruh besar dan dapat meningkatkan penjualan.

Rata – rata perusahaan yang menggunakan pemasaran online meraih keuntungan yang berlimpah dan berlipat – lipat dibandingkan dengan perusahaan yang tidak menggunakan pemasaran.

Banyak yang telah membuktikannya dan hasilnya pun sama dengan adanya pemasaran sangat membantu menaikkan penjualan dalam perusahaan.

 

Pemasaran Online Keberhasilan Bisnis UKM
Pemasaran Online Keberhasilan Bisnis UKM

Pentingnya Strategi Pemasaran Online Bagi UKM

Strategi Pemasaran Online wajib dipahami oleh semua pelaku usaha tidak terkecuali bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Apalagi di masa sekarang di era serba digital. Di mana orang lebih banyak mencari informasi tentang barang atau jasa yang mereka butuhkan dengan mengandalkan bantuan internet atau dengan menggunakan bantuan mesin pencari.

Pengertian Strategi pemasaran online

Secara mudah, strategi pemasaran online atau bisa juga disebut sebagai strategi pemasaran digital dapat diartikan sebagai strategi pemasaran yang memanfaatkan internet.

Strategi ini menekankan pada cara atau upaya untuk mengenalkan dan memasarkan produk yang kita punya dengan memanfaatkan media sosial, web, blog, dan lain-lain, agar memperoleh perhatian dari konsumen yang menjadi target atau pasar kita.

Cara ini menjadi pilihan mengingat saat ini pengguna internet di dunia sangat banyak jumlahnya. Ditambah lagi orang lebih menyukai sesuatu yang praktis dan mudah didapatkan semudah menggerakkan jari.

Sayangnya, kendala yang sering ditemui adalah banyak para pelaku bisnis ukm yang belum paham dengan model pemasaran secara digital ini. Padahal penerapan marketing online yang tepat terbukti mampu mendongkrak penjualan karena mampu memperluas jangkauan pasar sehingga UKM dapat naik kelas.

 

Alasan Menggunakan Strategi Pemasaran Online Bisnis UKM

Ada berbagai alasan kenapa sekarang orang lebih menyukai pemasaran digital. Selain cara ini akan mempermudah produk kita dikenal banyak orang, cara ini juga lebih efisien dibanding pemasaran secara konfensional. Secara rinci kelebihan pemasaran secara online adalah sebagai berikut :

 

1. Jangkauan pasar lebih luas

Penggunaan strategi pemasaran digital akan membuat promosi yang dilakukan memiliki jangkauan yang luas. Tidak ada hambatan jarak dan waktu. Semua informasi yang disebar melalui jalur pemasaran digital dapat diakses semua orang.

Artinya, ini memperbesar peluang produk atau jasa yang kita sediakan dibeli oleh konsumen yang menjadi pasar kita. Jadi, ketika kita memutuskan menggunakan strategi pemasaran online, kita harus siap kebanjiran order.

Sehingga kita pun harus memperkuat manajemen ke dalam. Jangan sampai order banyak berdatangan membuat kita kelabakan karena tidak siap dari awal. Karena kalau itu terjadi, justru dampak negatif yang akan kita terima.

Ingat di dunia maya, kabar positif maupun negatif sangat cepat menyebarnya. Jadi bagi pelaku bisnis, harus menyiapkan langkah untuk mengantisipasinya.

 

2. Biaya lebih ekonomis

Ini adalah keunggulan dari pemasaran digital. Promosi yang kita lakukan melalui web, maupun media sosial di internet, tidak dikenakan biaya. Berbeda jika kita menggunakan media offline seperti koran/majalah, radio, dan televisi. Ada biaya yang tidak sedikit jika kita ingin beriklan di sana.

Yang penting kita paham bagaimana caranya agar iklan yang kita buat bisa mengena, dan muncul di halaman pertama di mesin pencari. Apakah itu mudah, tentu tidak. Tapi jangan khawatir semua bisa dipelajari dan dicarikan solusi.

 

3. Terukur

Promosi yang kita buat secara online bisa lebih terukur dampaknya. Ada berbagai tools seperti google analitic yang bisa dipakai untuk mengevaluasi promosi yang kita lakukan berdasar data yang ada.
Dari situ kita bisa melakukan perbaikan dan peningkatan dari proses marketing yang sudah kita lakukan.

 

4. Lebih tahan lama

Promosi lewat media daring tidak ada batas waktunya. Kecuali kita sendiri yang menghapus konten yang telah kita buat di web atau media sosial yang kita miliki.

Berdasar pengalaman saya pribadi, ketika saya mencari sebuah produk dengan menggunakan kata kunci tertentu, sering mendapat informasi dari artikel yang ditulis lebih dari setahun yang lalu. Ini artinya iklan atau promosi di media online tidak mengenal batas waktu.

Berbeda kalau kita iklan dengan menggunakan brosur atau pamflet yang bisa hilang atau rusak dimakan usia.

Keuntungan Pemasaran Online Untuk Keberhasilan Bisnis UKM
Keuntungan Pemasaran Online Untuk Keberhasilan Bisnis UKM

Penerapan Stategi Pemasaran Online

Setelah tahu besarnya efek dari marketing digital, maka kita perlu memilih strategi pemasaran daring yang tepat untuk produk kita. Ada beberapa yang bisa kita pilih untuk diterapkan diantaranya :

 

1. Memaksimalkan media sosial untuk memasarkan produk kita

Pengguna media sosial entah itu facebook, instagram, twitter sangat banyak jumlahnya. Sehingga wajib bagi semua yang punya usaha untuk punya akun medsos sebagai representasi usaha kita. Buat konten yang menarik dan unik agar dilirik oleh konsumen kita dengan teknik copy writting misalnya.

 

2. Buat website dari usaha kita

Website seperti perwakilan kita di dunia maya. Website yang terlihat bagus dan profesional akan meningkatkan kepercayaan dan mendekatkan konsumen kepada kita.

Oleh karena itu pemilihan desain, maupun koten harus benar-benar diperhatikan. Termasuk kecepatan akses dari web juga sangat berpengaruh. Sebagus apapun desain dan konten di web kita, kalau loadingnya lelet tentu akan ditinggalkan.
Ingat, banyak konsumen yang sebelum membeli suatu produk, searching dulu di mesin pencari.

3. Membuat email pemasaran

Email ini dikirim kepada konsumen yang menjadi target kita. Berisi tentang paparan produk, kelebihan yang dimiliki, dan bagaimana cara untuk memperolehnya.

4. Memajang testimoni atau review dari para konsumen

Cara ini terbukti efektif untuk meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan konsumen kepada produk kita. Testimoni dapat kita pasang di web atau akun media sosial dari perusahaan kita.

5. Bekerjasama dengan influencer dan bloger

Berpromosi dengan mengajak para bloger dan influencer sudah mulai sering dilakukan. Banyaknya jumlah follower dan pembaca dari para influencer dan juga bloger membuat kerjasama antara pelaku usaha dengan influencer maupun bloger penting untuk meningkatkan brand awareness dari produk yang hendak dipromosikan.

Apalagi ulasan seorang bloger biasanya menggunakan bahasa yang lebih natural dan tidak mengada-ada. Sehingga lebih menarik dan bisa menjadi acuan banyak orang.

Masih banyak sebenarnya strategi marketing online yang bisa dilakukan. Semua tergantung kreativitas pemilik UKM juga. Meskipun diakui, banyak pelaku bisnis UKM yang mempunyai kendala teknis akibat kurang paham terhadap perkembangan teknologi digital. Sehingga penggunaan strategi pemasaran secara daring kurang diterapkan dengan maksimal.

Namun jangan khawatir, segala sesuatu dapat dipelajari asal kita mau untuk belajar. Apalagi saat ini banyak penyedia jasa konsultan marketing online yang siap membantu bagaimana mengangkat produk yang kita punya. Kuncinya adalah kerjasama dan kolaborasi. Jadi yuk, mulai kita terapkan Strategi Pemasaran Online untuk bisnis UKM kita. Sehingga bisnis UKM yang kita miliki bisa berkembang lebih baik lagi.

Demikian manfaat pemasara online yang bisa kami paparkan, semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian.
Semoga bermanfaat dan salam sukses!

 


 

Bisnis UKMInfo Bisnis UKMPengertian Bisnis UKMUlasan Bisnis UKMLayanan Bisnis UKMStrategi Bisnis UKM,
Tips Bisnis UKMKredit Bisnis UKMMKredit UKMPeluang Usaha Bisnis UKMBerita Bisnis UKMPembiayaan UKMPelatihan UKM

Direktori bisnis online UMKM di Indonesia, kami memilki member yang sudah menggunakan layanan dari Bisnis UKM, selain sebagai portal marketplace produk ukm kami pun menyediakan berbagai layanan periklanan pelaku usaha ukm, seperti pembuatan website, pembuatan company profile perusahaan kecil menengah dan masih banyak sekali media promosi yang kami sediakan untuk kepentingan digital marketing lain nya.

Bisnis UKM adalah BISNIS UKM merupakan website portal info berita bisnis usaha UMKM, Info Peluang Usaha, Ide Bisnis, Peluang Usaha UKM, Tips Usaha UKM, Ekonomi, Event UKM, Franchise & Promosi Usaha UKM. Info Bisnis Artikel & Video Hasil Liputan/ Wawancara Para Praktisi Dunia Usaha Kecil Menengah di Indonesia. B2B Marketplace dan Direktori BisnisSupplier produk UKM & UMKM di Indonesia.

Situs Jual Beli khusus B2B Marketplace UMKMB2B E-commerce UKMPusat Distributor Produk UKM, Trading Produk UKM, Supplier Produk UKM, Agen Produk UKM, Grosir Produk UKM, Importir Produk UKM, Exportir Produk UKM dan Penyedia Jasa Usaha Mikro dan Menengah di Indonesia.

Liputan Bisnis | Pelatihan UKM |Permodalan UKM | Strategi Bisnis UKM


 

SPONSOR BY SOLO KANOPI

Jasa Pemasang Kanopi Solo / Kota Surakarta

Solo Kanopi adalah pusat pembuatan kanopi di Solopemasangan kanopi solo & perbaikan kanopi solo segala jenis kanopi rumah & bangunan dengan harga murah, pelayanan cepat, rapi & Bergaransi. Sekarang tidak lagi bingung masalah buat kanopi di solo untuk rumah Anda, serahkan kepada tukang kanopi solo , ahlinya tukang pemasangan kanopi Solo terbaikKanopi Solo merupakan jasa profesional pembutan kanopi yang siap melayani dan mengatasi semua kebutuhan & permasalahan kanopi untuk rumah Anda di wilayah Soloraya dan sekitarnya.

Kenapa Memilih Kami?

HARGA LEBIH MURAH

Solo Kanopi memberikan layanan terbaik dengan biaya pemasangan kanopi & baja ringan lebih murah sehingga dapat menekan biaya Anda.

BAHAN KANOPI BERKUALITAS

Kami menggunakan bahan-bahan berkualitas dalam mengerjakan setiap proyek pembuatan kanopi dan kontruksi baja ringan untuk menjamin kualitas jasa layanan kami.

AMAN & BERGARANSI

Jasa pemasangan kanopi & pemasangan atap baja ringan Solo Kanopi memberikan anda ketenangan dan kenyamanan dalam hal pengerjaan dengan garansi 3 Bulan.

JARINGAN LEBIH LUAS

Pengembangan jaringan terus dilakukan untuk memberikan layanan terbaik jasa pemasangan kanopi & baja ringan untuk kebutuhan konsumen kami.

PENGERJAAN TEPAT WAKTU

Solo Kanopi berusaha semaksimal mungkin dalam mengerjakan pembuatan kanopi dan pemasangan kanopi sesuai dengan target waktu

ONE STOP SERVICE

Komitmen kami memberikan harga kompetitf dan layanan terbaik seluruh klien kami yang telah menggunakan jasa layanan Solo Kanopi.

LAYANAN MELIPUTI:

 

Bisnis UKM

Add comment

Follow us

Temukan Bisnis UKM di sosial media kami, jangan lewatkan info terbaru dari Bisnis UKM.