Bisnis UKM

Griya Marketer: Meningkatkan Ekonomi dan Kualitas Hidup Masyarakat Desa

Griya Marketer merupakan sebuah organisasi berbentuk social enterprise yang berkomitmen untuk melatih dan mengembangkan kemampuan pemasaran e-commerce di kalangan masyarakat desa. Tujuannya adalah membantu dan meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat di Indonesia.

Selain itu, Griya Marketer juga bertujuan untuk menahan laju urbanisasi penduduk desa ke kota. Dampak dari urbanisasi ini adalah terhambatnya pembangunan dan perkembangan di desa. Ketika warga yang masih produktif pindah ke kota, mereka tidak lagi berkontribusi dalam membangun desa.

Di sisi lain, kehidupan di kota semakin terasa sesak dan padat. Hal ini menyebabkan terjadinya ketimpangan ekonomi antara desa dan kota. Oleh karena itu, pembangunan sektor ekonomi di desa menjadi sangat penting untuk mengurangi kesenjangan tersebut.

Hingga saat ini, Griya Marketer telah berhasil mencetak ratusan pemasar handal di bidang pemasaran online. Lokasinya berada di Padokan RT 02/RW 04, Kelurahan Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali.

Selain memberikan pelatihan, Griya Marketer juga membuka wisata edukasi di luar daerah Padokan. Hal ini memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk memiliki keterampilan pemasaran yang handal.

Apa yang Didapat dari Griya Marketer?

Anda mungkin masih bertanya-tanya apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari Griya Marketer saat mengikuti wisata edukasinya. Jawabannya adalah sangat banyak.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai apa yang dapat Anda peroleh di Griya Marketer:

  1. Digital Marketing

Salah satu keterampilan utama yang akan Anda dapatkan di Griya Marketer adalah digital marketing. Keterampilan ini menjadi dasar pembelajaran yang harus dikuasai selama berada di Griya Marketer. Digital marketing merupakan upaya memasarkan atau mempromosikan produk secara digital melalui internet dan teknologi. Anda akan belajar menggunakan berbagai platform media sosial dan website untuk mencapai target pasar yang lebih luas. Pemasaran secara digital saat ini menjadi sangat menguntungkan dengan cakupan konsumen yang lebih luas dan kemudahan aksesnya.

  1. Riset Produk & Copywriting

Keterampilan riset produk sangat penting untuk mengetahui tren produk yang sedang populer saat ini. Dengan memahami tren tersebut, Anda dapat memasarkan produk yang sesuai dengan permintaan pasar, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan. Selain itu, Anda juga akan belajar keterampilan copywriting, yaitu kemampuan menulis dengan gaya persuasif yang dapat mempengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk yang Anda tawarkan. Keterampilan ini sangat diperlukan dalam dunia pemasaran digital, baik untuk media sosial maupun konten website.

  1. Instagram & Facebook Ads

Griya Marketer akan mengajarkan Anda tentang penggunaan Instagram dan Facebook Ads sebagai media periklanan. Dengan penggunaan kedua platform media sosial tersebut, Anda dapat mencapai lebih banyak konsumen dan mempromosikan produk dengan lebih efektif. Instagram dan Facebook memiliki jumlah pengguna yang sangat besar di seluruh dunia, sehingga memasarkan produk di kedua platform tersebut menjadi sangat menguntungkan. Keterampilan ini akan membantu Anda mengoptimalkan proses pemasaran Anda, dan penting untuk melakukan riset sebelumnya guna memahami target audiens dan strategi yang tepat.

  1. Penerapan Cash On Delivery (COD)

Metode pembayaran Cash On Delivery (COD) banyak digunakan dalam platform e-commerce. Metode ini memungkinkan konsumen untuk membayar ketika barang yang dipesan tiba. Anda akan mempelajari sistem ini secara mendalam, termasuk keuntungan dan risiko yang terkait dengannya. Dengan pemahaman yang baik tentang COD, Anda dapat mengelola transaksi dengan lebih efisien dan mengantisipasi potensi kerugian yang mungkin timbul melalui sistem tersebut.

  1. Membangun Tim dan KPI

Membangun tim yang solid adalah hal penting dalam bisnis digital marketing. Tim yang baik dapat saling berbagi pengetahuan, berkolaborasi, dan saling mendukung dalam menjalankan bisnis. Di Griya Marketer, Anda akan belajar bagaimana membangun tim yang efektif. Selain itu, Anda juga akan mempelajari tentang Key Performance Indicator (KPI), yang digunakan sebagai indikator keberhasilan dalam mengukur performa dalam bisnis. Keterampilan ini akan membantu Anda dalam mengelola tim dan mengukur pencapaian target bisnis dengan lebih efektif.

  1. Financial Literacy

Kemampuan dalam mengelola keuangan pribadi, yang dikenal sebagai Financial Literacy, sangat penting dalam bisnis digital marketing. Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang keuangan pribadi, Anda dapat memisahkan keuangan pribadi dan bisnis dengan lebih jelas. Hal ini akan membantu Anda mengelola penghasilan dari bisnis dengan lebih efisien dan membuat keputusan keuangan yang lebih bijaksana. Dalam Griya Marketer, Anda akan mendapatkan pemahaman yang komprehensif mengenai financial literacy, sehingga dapat mengelola keuangan dengan lebih baik.

Dengan banyaknya manfaat yang dapat Anda peroleh dari Griya Marketer, maka perjalanan yang harus Anda tempuh akan sebanding dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Griya Marketer bertujuan untuk memberdayakan masyarakat desa, dan melalui program-programnya, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi dan kualitas hidup Anda.

Berikut adalah skema organisasi Griya Marketer:

  1. Pendiri/Founder:

    • Bertanggung jawab atas visi, misi, dan strategi Griya Marketer.
    • Memimpin pengembangan dan pertumbuhan organisasi.
    • Mengarahkan program pelatihan dan pengembangan keterampilan.
  2. Manajer Operasional:

    • Bertanggung jawab atas operasional sehari-hari Griya Marketer.
    • Mengkoordinasikan kegiatan pelatihan dan pengajaran.
    • Mengawasi staf dan instruktur.
  3. Tim Instruktur:

    • Menyampaikan materi pelatihan kepada peserta.
    • Mengajar dan melatih peserta dalam berbagai aspek pemasaran e-commerce.
    • Memberikan panduan dan bimbingan kepada peserta selama proses pembelajaran.
  4. Tim Penelitian dan Pengembangan:

    • Melakukan riset tentang tren pasar dan kebutuhan konsumen.
    • Mengidentifikasi peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan oleh peserta.
    • Mengembangkan konten pelatihan dan materi pembelajaran terbaru.
  5. Tim Pemasaran:

    • Mengelola strategi pemasaran Griya Marketer.
    • Mengembangkan kampanye pemasaran untuk menarik peserta.
    • Mengelola media sosial, website, dan promosi online.
  6. Tim Administrasi dan Keuangan:

    • Mengelola administrasi dan proses pendaftaran peserta.
    • Mengelola keuangan, termasuk pembayaran peserta dan pengeluaran operasional.
    • Menyusun laporan keuangan dan anggaran.
  7. Tim Pendukung:

    • Tim IT: Bertanggung jawab atas infrastruktur teknologi dan sistem informasi.
    • Tim Desain Grafis: Mendesain materi pelatihan dan materi promosi.
    • Tim Layanan Pelanggan: Menangani pertanyaan peserta dan memberikan dukungan pelanggan.

Skema organisasi ini memberikan struktur yang terorganisir untuk mengelola operasional, pelatihan, pemasaran, riset, dan administrasi Griya Marketer. Setiap tim memiliki peran dan tanggung jawab yang spesifik dalam mencapai tujuan Griya Marketer untuk melatih masyarakat desa dalam pemasaran e-commerce dan meningkatkan kualitas ekonomi mereka.

Bisnis UKM