Bisnis UKM

Contoh-Contoh UKM

Kuliner

contoh usaha umkm

Usaha kuliner merupakan contoh usaha UMKM yang tak kunjung sepi peminat. Jenis usaha kuliner yang bisa dikembangkan pun sangat bervariasi sehingga pebisnis dapat berinovasi dengan mengikuti segala tren yang ada.

Maraknya bisnis kuliner di Indonesia mewajibkan para pemilik bisnis kuliner untuk menanamkan sifat inovatif dan kreatif agar dapat unggul dari kompetitor. Contoh usaha UMKM yang satu ini umumnya memiliki kunci sukses yang terletak pada kualitas rasa makanan, pelayanan, dan strategi pemasaran (marketing).

Jika kamu berencana untuk membangun usaha kuliner, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan sebelum membangun usaha tersebut karena kesuksesan dari suatu bisnis kuliner biasanya dapat dicapai apabila kamu sudah memahami tentang perilaku calon pelanggan (customer behaviour), tren bisnis, strategi bisnis, dan lain sebagainya.

Agribisnis

contoh usaha umkm

Contoh usaha UMKM di Indonesia yang populer adalah usaha agribisnis. Faktanya, kehadiran pandemi telah mendorong masyarakat untuk hidup sehat dengan mengonsumsi dan menanam segala macam sayuran, buah-buahan, dan tanaman rempah.

Nah, bagi kalian yang gemar bercocok tanam atau berkebun, usaha agribisnis bisa menjadi peluang bisnismu. Tak hanya itu, contoh usaha UMKM ini juga dapat berupa penjualan berbagai alat pertanian, pupuk, zat pestisida, dan bibit tanaman.

Otomotif

contoh usaha umkm

Selanjutnya, contoh usaha UMKM di Indonesia yang mampu memberikan keuntungan yang cukup banyak adalah usaha di bidang otomotif. Seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor, jasa dari usaha ini pastinya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama masyarakat di kota-kota besar.

Banyak peluang usaha otomotif yang bisa kamu kembangkan, mulai dari bengkel otomotif, jasa cuci kendaraan, hingga penjualan aksesoris kendaraan. Di samping itu, contoh usaha UMKM ini juga bisa menawarkan penyewaan kendaraan atau penjualan kendaraan second.

Fashion

contoh usaha umkm

Usaha di bidang fashion merupakan contoh usaha UMKM yang berpotensi menghasilkan profit yang besar, terutama pada momen-momen tertentu seperti menjelang Hari Raya Idul Fitri. Terlebih lagi, bisnis fashion sangat progresif akibat banyaknya tren fashion yang populer di kalangan anak muda.

Tak heran jika bisnis fashion rumahan dapat memperoleh untung yang tidak kalah besar dari toko baju di mall, selama kamu terus mengikuti tren bisnis dan berinovasi. Dengan strategi pemasaran yang efektif, bisnismu akan diminati oleh masyarakat dan memberikan keuntungan yang melampaui ekspektasi. Jadi, contoh usaha UMKM ini bisa cocok bagi kamu yang merupakan seorang pemula.

Tak heran jika bisnis fashion rumahan dapat memperoleh untung yang tidak kalah besar dari toko baju di mall, selama kamu terus mengikuti tren bisnis dan berinovasi. Dengan strategi pemasaran yang efektif, bisnismu akan diminati oleh masyarakat dan memberikan keuntungan yang melampaui ekspektasi. Jadi, contoh usaha UMKM ini bisa cocok bagi kamu yang merupakan seorang pemula.

Kerajinan Tangan atau Cendera Mata (Souvenir)

contoh usaha umkm

Indonesia merupakan negara dengan budaya yang sangat beragam. Setiap daerah memiliki ciri khas budaya masing-masing. Oleh karena itu, contoh usaha UMKM di Indonesia yang berpeluang besar adalah usaha kerajinan tangan atau cendera mata (souvenir).

Kini, produk kerajinan tangan dari Indonesia memiliki nilai jual yang tinggi dan berhasil tembus ke pasar internasional, loh. Keunggulannya terletak pada keunikan dan sisi artistiknya. Contoh usaha UMKM di bidang ini bervariasi, misalnya rotan, perhiasan, furniture, kain batik daerah, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa contoh usaha UMKM di Indonesia yang dapat kamu pilih sebagai jenis usaha kamu. Saat ingin mulai membangun suatu bisnis UMKM, pastikan kamu punya nilai jual dan orisinalitas tersendiri agar bisa mempertahankan eksistensi bisnismu, ya!

Membangun suatu bisnis tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak hal yang perlu kamu siapkan secara matang, mulai dari perencanaan bisnis, pengelolaan keuangan, strategi pemasaran hingga sistem pembayaran untuk menerima pembayaran dari pelanggan.

Permudah Proses Pembayaran Online Pelanggan dengan OY! E-Wallet dari OY! Bisnis

contoh usaha umkm

OY! Bisnis menghadirkan berbagai produk yang dapat membantu bisnis UMKM dalam menerima pembayaran dari pelanggan. Salah satu produk unggulannya adalah OY! E-Wallet.

Sesuai dengan namanya, OY! E-Wallet adalah produk yang menyediakan berbagai macam e-Wallet untuk penerimaan pembayaran yang lebih mudah. Dengan produk ini, kamu bisa menerima pembayaran hanya dari satu dashboard serta memberikan pelanggan kebebasan dalam memilih metode pembayaran. Contoh usaha UMKM yang mampu memanfaatkan OY! E-Wallet adalah usaha yang memiliki online shop di platform e-Commerce.

Bisnis UKM: Info Bisnis UKM, Pengertian Bisnis UKM, Ulasan Bisnis UKM, Layanan Bisnis UKM, Strategi Bisnis UKM, Tips Bisnis UKM, Kredit Bisnis UKMM, Kredit UKM, Info Bisnis UKM, Berita Bisnis UKM, Pembiayaan UKM, Pelatihan UKM

Bisnis UKM