Bisnis UKM
Info Bisnis Online Untuk Usaha Online UKM Yang Berisi Direktori Bisnis Online, Ide Bisnis Online UKMK Indonesia Berisikan Informasi Tentang Berita, Tips & Artikel Mengenai Bisnis Online di Indonesia Terbaru & Update

Bisnis Online

Apa Itu Bisnis Online?

Pengertian Bisnis Online, Jenis, dan Manfaat

Bisnis online adalah jenis bisnis yang kian hari kian diminati. Bukan hanya karena menawarkan cuan besar, menjalankan bisnis online juga tidak terlalu sulit.

Anda ingin mencobanya juga? Tapi, masih ingin tahu bisnis online itu seperti apa? Untungnya, Anda sudah datang ke tempat yang tepat! Di artikel ini Anda akan belajar apa itu bisnis online dengan lengkap. Mulai dari pengertian bisnis online, jenis bisnis online, hingga manfaat bisnis online. Penasaran, kan? Yuk, kita mulai!

Pengertian Bisnis Online

Seperti namanya, bisnis online adalah bisnis yang dijalankan melalui internet. Artinya, aktivitas bisnis seperti jual-beli, pelayanan kepada konsumen, marketing, dan sebagainya dilakukan secara online. Menariknya, Anda bisa menjual berbagai jenis produk melalui ide bisnis online.

Mulai dari barang, jasa, hingga produk digital. Bahkan, tak ada batasan dari mana calon konsumen produk untuk tersebut. Sebab, pembeli produk bisa berasal dari seluruh Indonesia, bahkan dari luar negeri. Maka dari itu, dengan bisnis online Anda tidak perlu membuka toko atau ruko seperti pada bisnis offline.

Anda cukup menjalankan bisnis dengan membuat website toko online lewat tutorial WooCommerce, media sosial, atau marketplace. Anda juga bisa mengelola bisnis tersebut dari rumah, atau di mana pun Anda menginginkannya.

Alhasil, Anda tak perlu mengeluarkan banyak modal untuk cara memulai bisnis online. Bahkan, ada beberapa bisnis online tanpa modal yang bisa dilakukan dan terbukti cuan, lho! Sebagai contoh, bisnis online Anda bisa berupa menjual produk orang lain (dropshipping), mendapatkan komisi dengan bergabung afiliasi, dan masih banyak lainnya. Jadi, tak heran kalau banyak orang berbondong-bondong memulai bisnis online, ya?

 

Jenis Bisnis Online

Ada tiga jenis bisnis online sesuai platform yang digunakan penjual, yaitu:

1. Bisnis Online di Website

Jenis bisnis online yang pertama adalah bisnis online di website. Peluang bisnis online ini mengandalkan website sebagai tempat berjualan. Yup, selayaknya toko, tapi versi online. Artinya, pengunjung bisa melihat informasi produk langsung dari website, melakukan transaksi, menghubungi penjual, dan lainnya. Bisnis online melalui website menjadi primadona di kalangan pebisnis, lho.

Sebab, website mempunyai kelebihan yang tak dimiliki jenis bisnis online lain. Mulai dari branding yang lebih baik, pemasaran lebih luas, kebebasan desain, dan sebagainya. Salah satu contoh bisnis online melalui website yang sukses adalah Uwitan. Usaha furniture ini menjadikan websitenya sebagai toko online bagi calon konsumen dari berbagai daerah. Jadi, tidak perlu repot mengunjungi showroom mereka di Jogja.

2. Bisnis Online di Media Sosial

Awalnya, media sosial sekadar digunakan sebagai sarana bersosialisasi. Tapi, saat ini Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk bisnis. Anda pasti sudah sering melihat berbagai akun mempromosikan dagangannya di feed Anda, kan? Nah, alasan utama bisnis online di media sosial populer karena sangat mudah memulainya. Anda bisa menggunakan akun pribadi yang sudah ada dan langsung berjualan.

Namun, akan lebih baik menggunakan akun bisnis karena tersedianya fitur untuk menunjang bisnis online Anda. Misalnya, fitur melacak performa bisnis, melihat demografi pembeli, dan lainnya. Singkatnya, tinggal pilih gambar produk terbaik Anda, isi deskripsi singkat yang menarik, cantumkan harga, dan… posting!

Bila ada calon pembeli yang tertarik, mereka cukup meninggalkan komentar atau mengirim pesan pribadi (DM) ke Anda. Maka dari itu, banyak yang menggunakan media sosial untuk berjualan produk rumahan atau buatan sendiri. Sayangnya, di balik semua kemudahannya, bisnis online di media sosial juga mempunyai kelemahan.

Salah satunya adalah terbatasnya kontrol desain yang Anda miliki. Ibaratnya, toko online Anda akan terlihat sama dengan akun pribadi lain. Padahal, bagi sebuah bisnis, tampil stand out atau mencolok itu penting, terutama kalau punya banyak kompetitor.

 

3. Bisnis Online di Marketplace

Marketplace adalah platform yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli bertransaksi online. Dengan kata lain, pasar online. Beberapa contoh marketplace di Indonesia yang pasti sudah Anda kenal antara lain Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli. Memulai bisnis online di marketplace juga cukup populer karena mudah dan gratis. Anda cukup pilih marketplace-nya, registrasi akun, pasang produk, dan tunggu pembeli datang bertransaksi.

Selain itu, bermacam-macam kategori produk juga disediakan di marketplace. Mulai dari produk fisik seperti baju, elektronik, makanan dan minuman, hingga produk jasa seperti travel agent dan wedding organizer. Namun, Anda harus extra sabar ketika memutuskan terjun ke jenis bisnis online ini. Kenapa begitu? Sebab, persaingan di marketplace sangat ketat dengan perang harga yang tajam. Apalagi, kalau produk yang Anda jual cukup umum seperti fashion atau aksesoris handphone. Efeknya, margin laba yang Anda hasilkan akan terlalu mepet.

Manfaat Bisnis Online

Nah, setelah tahu berbagai jenisnya, mari pelajari beberapa manfaat bisnis online:

1. Hemat Biaya

Anda bisa memulai bisnis online dengan gratis. Bila harus mengeluarkan uang pun, jumlahnya tak terlalu banyak. Kenapa? Pertama, bisnis online tak mengharuskan Anda menyewa tempat atau ruko. Anda bisa menggunakan rumah sendiri untuk menyimpan stok barang. Bahkan, di beberapa jenis model bisnis online Anda tak perlu tempat sama sekali, seperti Dropshipper.

Selain itu, promosi bisnis online juga cenderung lebih murah. Lupakan promosi di baliho, media cetak, atau televisi yang membutuhkan banyak biaya. Dengan bisnis online, Anda bisa promosi gratis seperti menulis artikel tentang produk Anda, hingga memanfaatkan Google Adwords yang pembayarannya dihitung per klik.

2. Fleksibel

Bisnis online juga sangat fleksibel untuk dijalankan. Anda bisa menjalankannya dari berbagai belahan dunia asal ada koneksi internet dan laptop. Selain itu, jam operasional bisnis online pun juga fleksibel. Anda bisa mengatur jam buka atau tutup toko dengan bebas, bahkan selama 24 jam penuh.

3. Menjangkau Pasar yang Luas. Apa saja?

Bisnis online membuat siapa saja bisa mengunjungi toko Anda. Tak ada batasan wilayah. Ini membuat Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan dari berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan, Anda bisa memperluas target pasar Anda hingga ke luar negeri.

Tantangan Bisnis Online

Selain memiliki manfaat, apa sih sebenarnya tantangan bisnis online yang akan Anda hadapi?

1. Kompetisi Ketat

Jangkauan bisnis online yang luas juga menjadi pedang bermata dua bagi Anda. Sebab, Anda harus bersaing dengan ribuan bisnis online yang sama dari seluruh Indonesia. Sebagai contoh, pencarian “kabel USB” di salah satu marketplace menghasilkan 1,9 juta produk. Wow! Maka dari itu, hanya memasang produk dan menunggu saja tidaklah cukup. Anda harus mempunyai keunikan atau nilai jual lebih untuk memenangkan kompetisi di bisnis online. Misalnya, pengiriman yang cepat, pelayanan bagus, atau mempunyai website agar bisnis online Anda lebih kredibel.

2. Isu Keamanan

Dalam bisnis online, Anda dan calon konsumen juga sangat rentan diserang kejahatan online atau cyber crime. Mulai dari bocornya data pengguna di marketplace, penipu yang menyamar sebagai pembeli, hingga website toko online yang diacak-acak oleh hacker.

Nah, supaya bisnis online Anda tak bernasib sama, pastikan Anda sudah melakukan langkah-langkah pencegahan. Misalnya, menggunakan password yang rumit, jangan mengklik link yang tak dikenal, dan memakai hosting web toko online dengan fitur keamanan canggih seperti Niagahoster.

3. Ilmu Bisnis Online yang Selalu Berkembang

Dunia internet berkembang sangat cepat. Selalu muncul tips dan trik baru untuk memaksimalkan cuan pada bisnis online. Efeknya, bila Anda tidak up-to-date dengan ilmu bisnis online yang baru, Anda akan ketinggalan dari kompetitor. Maka dari itu, Anda harus konsisten dan rutin belajar ilmu bisnis online. Baik tentang pemasaran, perubahan kebutuhan pasar, teknologi terbaru, dan sebagainya.

Nah, untungnya Anda bisa belajar berbagai ilmu terbaru dan terlengkap dunia bisnis online di Bisnis UKM secara gratis, lho! Mulai dari Bisnis UKM blog, ebook, hingga Bisnis UKM Course. Yuk, Mulai Bisnis Online Sekarang! Wah, cukup banyak yang sudah Anda pelajari, ya? Mulai dari pengertian bisnis online hingga berbagai manfaat bisnis online.

Intinya, bisnis online adalah semua bisnis yang dilakukan melalui website, media sosial, atau marketplace. Bisnis online bisa Anda jalankan sebagai bisnis rumahan, bisnis jasa, bisnis kreatif, dan sebagainya. Jadi, apakah Anda sudah siap memulai bisnis online?

Nah, agar Anda semakin yakin memulai bisnis online, kami sarankan baca dulu ebook kisah Heri si Pengusaha Tekstil. Anda bisa mendownloadnya gratis! Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan seputar pengertian bisnis online, Anda bisa meninggalkannya di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

7 Contoh Bisnis Online UMKM untuk Inspirasi Usaha yang Menguntungkan

Cari inspirasi untuk memulai bisnis online UMKM yang menguntungkan? Baca artikel ini untuk mengetahui 7 contoh bisnis online UMKM yang sukses dan dapat menginspirasi Anda.

Memulai bisnis online menjadi pilihan yang menarik bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi perkembangan teknologi dan tren digital. Dengan akses internet yang luas dan meningkatnya jumlah pengguna online, peluang bisnis online semakin menjanjikan. Jika Anda sedang mencari inspirasi untuk memulai bisnis online UMKM yang menguntungkan, berikut ini adalah 7 contoh bisnis online UMKM yang sukses dan dapat memberikan inspirasi bagi Anda:

  1. Toko Online Fashion: Bisnis fashion online telah menjadi salah satu sektor yang berkembang pesat di era digital. Anda dapat membuka toko online yang menawarkan berbagai produk fashion seperti pakaian, aksesori, atau sepatu. Fokuskan pada niche tertentu, seperti fashion anak, busana muslim, atau produk handmade untuk menarik pasar target yang spesifik.
    Buat Toko Online di www.solodesain.co.id
  2. Jasa Konsultasi Online: Jika Anda memiliki keahlian khusus dalam bidang tertentu, seperti konsultasi keuangan, pemasaran digital, atau pengembangan personal, Anda dapat membuka jasa konsultasi online. Melalui platform komunikasi online, Anda dapat memberikan layanan konsultasi kepada klien di berbagai lokasi.
    Mau Konsultasi Bisnis Online di www.solodesain.com
  3. Toko Online Produk Kecantikan dan Perawatan Kulit: Pasar produk kecantikan dan perawatan kulit terus berkembang. Anda dapat menjual produk kecantikan dari merek terkenal atau membuat produk perawatan kulit sendiri dengan bahan-bahan alami. Berikan informasi yang jelas dan deskripsi produk yang menarik untuk menarik minat konsumen.
  4. Katering Online: Bisnis katering online menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang memiliki keahlian dalam memasak. Anda dapat menyediakan layanan katering untuk acara-acara khusus, seperti pesta ulang tahun, pertemuan bisnis, atau pernikahan. Promosikan menu yang unik, variasi hidangan, dan kualitas rasa yang tinggi untuk menarik pelanggan potensial.
  5. Marketplace Produk Lokal: Buka platform marketplace online yang fokus pada produk lokal. Dukung UMKM lokal dengan memungkinkan mereka untuk menjual produk mereka secara online. Berikan platform yang mudah digunakan, layanan pelanggan yang baik, dan promosikan produk lokal sebagai nilai tambah.
  6. Jasa Desain Grafis Online: Jika Anda memiliki keterampilan dalam desain grafis, Anda dapat membuka jasa desain grafis online. Menyediakan layanan seperti desain logo, brosur, kartu nama, atau desain web. Buat portofolio yang menarik dan berikan layanan pelanggan yang cepat dan profesional.
  7. Kursus Online: Memanfaatkan keahlian atau pengetahuan yang Anda miliki, buka bisnis kursus online. Anda dapat mengajar di bidang yang Anda kuasai, seperti kursus bahasa asing, keterampilan digital, fotografi, atau pengembangan web. Gunakan platform pembelajaran online dan strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau target audiens Anda.

Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis online UMKM, penting untuk memiliki strategi pemasaran yang baik, memahami pasar target Anda, dan memberikan pelayanan pelanggan yang memuaskan. Selain itu, perhatikan pula aspek SEO (Search Engine Optimization) agar bisnis Anda mudah ditemukan oleh calon pelanggan melalui mesin pencari. Gunakan kata kunci yang relevan dalam deskripsi produk, judul halaman, dan konten website Anda.

Dengan mengambil inspirasi dari contoh bisnis online UMKM yang sukses di atas, Anda dapat memulai perjalanan bisnis online yang menguntungkan. Ingatlah bahwa konsistensi, inovasi, dan komitmen adalah kunci utama untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis online UMKM Anda.

Bisnis Online
Bisnis Online

Tips Memulai Bisnis online Untuk UKM

Memulai bisnis online untuk UKM dapat menjadi langkah yang menarik dan menguntungkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memulai bisnis online UKM:

  1. Pilih Niche Pasar yang Tepat: Identifikasi niche pasar yang spesifik dan fokuskan pada produk atau layanan yang Anda tawarkan. Mengenali dan memahami pasar target akan membantu Anda dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan menarik pelanggan potensial.
  2. Riset Pasar dan Kompetitor: Lakukan riset pasar dan analisis kompetitor untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang tren, permintaan konsumen, dan keunggulan yang dapat Anda tawarkan. Ketahui apa yang sudah ada di pasar dan temukan cara untuk membedakan diri Anda dari pesaing.
  3. Membangun Brand dan Citra yang Kuat: Branding yang baik menjadi kunci dalam membangun kepercayaan pelanggan dan membedakan bisnis Anda. Desain logo yang menarik, situs web yang profesional, dan pesan brand yang konsisten akan membantu Anda membangun citra yang kuat di mata pelanggan.
  4. Memiliki Situs Web dan Platform E-commerce yang Mudah Digunakan: Buatlah situs web yang responsif dan user-friendly. Pastikan situs web Anda mudah dinavigasi, memiliki deskripsi produk yang jelas, serta memudahkan proses pembelian bagi pelanggan. Selain itu, pastikan situs web Anda dioptimalkan untuk perangkat mobile, mengingat banyaknya pengguna yang mengakses internet melalui smartphone.
  5. Strategi Pemasaran Digital: Manfaatkan strategi pemasaran digital seperti SEO, media sosial, iklan online, dan konten pemasaran untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda. Identifikasi saluran pemasaran yang efektif untuk mencapai target audiens Anda dan kembangkan konten yang relevan dan menarik untuk menarik minat pelanggan.
  6. Fokus pada Layanan Pelanggan: Layanan pelanggan yang baik adalah kunci untuk mempertahankan pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang. Pastikan Anda merespons pertanyaan dan masukan pelanggan dengan cepat, memberikan dukungan yang diperlukan, dan memberikan pengalaman pelanggan yang memuaskan.
  7. Manfaatkan Media Sosial: Manfaatkan kekuatan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda dan berinteraksi dengan pelanggan. Pilih platform media sosial yang sesuai dengan target audiens Anda, aktif secara konsisten, dan gunakan konten yang menarik untuk menarik minat pelanggan.
  8. Pertimbangkan Pengiriman dan Logistik: Jika Anda menjual produk fisik, pertimbangkan opsi pengiriman dan logistik yang efisien. Cari mitra pengiriman yang dapat diandalkan dan sesuaikan opsi pengiriman dengan preferensi pelanggan, seperti pengiriman cepat atau pengiriman gratis.
  9. Evaluasi dan Tingkatkan Bisnis Anda: Lakukan evaluasi terhadap bisnis Anda secara berkala. Analisis kinerja bisnis, feedback pelanggan, dan tren pasar. Identifikasi area yang perlu ditingkatkan dan berinovasi untuk tetap relevan dengan perubahan kebutuhan pelanggan dan perkembangan pasar.
  10. Jangan Takut untuk Mengambil Risiko dan Belajar dari Kegagalan: Bisnis online sering kali melibatkan eksperimen dan penyesuaian. Jangan takut untuk mengambil risiko yang terukur dan belajar dari kegagalan. Teruslah beradaptasi, berinovasi, dan mengembangkan strategi baru untuk mengoptimalkan bisnis Anda.

Dalam memulai bisnis online untuk UKM, penting untuk memiliki tekad dan ketekunan. Kesuksesan tidak terjadi dalam semalam, tetapi dengan kerja keras, kesabaran, dan konsistensi, Anda dapat membangun bisnis online yang menguntungkan dan sukses.