Bisnis UKM

10 Rekomendasi Rekening Bisnis Terbaik untuk Usaha UMKM!

Bisnis UKM – Dalam menjalankan sebuah usaha, rekening bisnis adalah tabungan yang wajib Anda miliki tanpa terkecuali. Memiliki sebuah usaha tentu akan memberikan kemajuan ekonomi dalam suatu keluarga. Maka dari itu, pemerintah terus menyalurkan modal untuk menunjang sektor usaha menengah atau UMKM.

Untuk menunjang usaha Anda, butuh jenis tabungan yang memang khusus untuk sektor bisnis dan usaha. Selain itu, pada dasarnya jenis tabungan apapun memang cocok menjadi media penyimpanan uang dengan jumlah besar karena aman dari potensi kehilangan.

Namun, Anda harus memilih jenis tabungan yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Selain itu, Anda juga perlu daftarkan bisnis Anda di sini yaitu di situs UMKM pemerintah agar usaha Anda lebih terstruktur.

10 Rekomendasi Rekening Bisnis Terbaik untuk Pelaku UMKM

Jika saat Anda sedang bingung untuk menentukan rekening bisnis apa yang akan Anda gunakan untuk menjadi media penyimpanan uang, rekomendasi tabungan berikut ini bisa jadi solusi. Berikut rekomendasi jenis tabungan yang cocok untuk pelaku UMKM:

1. Tabungan Tahapan BCA

Bank BCA mempunyai jenis tabungan untuk tipe perorangan dan lembaga atau institusi, yaitu tabungan tahapan BCA. Selain itu, pengguna dari jenis tabungan ini di Indonesia jumlahnya sangat banyak. Jadi, ketika Anda hendak melakukan transaksi untuk keperluan usaha, akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Bahkan, untuk membuka jenis tabungan Tahapan BCA ini relatif sangat mudah dan tidak berbelit-belit. Anda cukup melampirkan persyaratan berupa KTP dan NPWP jika ada, kemudian melakukan setoran awal sebesar Rp500 ribu.

2. Rekening Mandiri Bisnis

Rekening Mandiri Bisnis sendiri memiliki setoran sebesar awal Rp1 juta. Selain itu, saldo minimal harian dari tabungan ini yaitu sebesar Rp10 ribu, dan saldo minimal setiap akhir bulan adalah sebesar Rp10 juta.

Layaknya tabungan pribadi, tabungan Mandiri ini juga menyediakan layanan e-Banking bagi pengguna tabungan jenis bisnis dengan fitur yang lengkap. Kemudian, jumlah suku bunga per tahunnya adalah sekitar 0,80%.

Jika Anda berminat untuk membuka tabungan Mandiri jenis ini, berikut syarat dan ketentuan yang harus Anda lengkapi:

  • Berusia 18 sampai dengan 65 tahun.
  • Mempunyai usaha, atau berniat untuk membuka usaha.
  • Membawa kartu identitas KTP, surat izin usaha, serta melakukan setoran awal sejumlah Rp1 juta.

3. Tabungan Usaha CIMB Niaga

Rekomendasi tabungan untuk pelaku usaha UMKM selanjutnya yaitu Tabungan Usaha CIMB Niaga. Jenis tabungan ini cocok bagi Anda para pelaku sektor UMKM yang hanya mempunyai modal minim. Mengapa demikian? Karena Anda cukup melakukan setoran awal sebesar Rp500 ribu saja.

Selain itu, tabungan CIMB Niaga jenis ini juga mempunyai beberapa fitur terbaik, seperti Auto Sweep, SMS alert, dan Pick Up Service.

Bagi Anda yang saat ini berusia minimal 18 tahun, Anda sudah bisa membuka tabungan usaha CIMB Niaga ini dengan cara mengunjungi mengunjungi cabang bank terdekat.

Untuk kelengkapan data persyaratan, pastikan Anda membawa kartu identitas KTP, surat izin usaha, dan membawa sejumlah uang sesuai ketentuan setoran awal bank.

4. Tabungan Syariah Bank Mega

Bagi Anda yang tidak mau terkena riba bank dalam menjalankan usaha, Anda bisa memilih rekening bisnis tabungan syariah Bank Mega. Keunggulan jenis tabungan syariah ini adalah setoran awal minimal yang cukup murah yaitu sebesar Rp500 ribu.

Namun, jenis tabungan syariah Bank Mega ini juga mempunyai beberapa jenis tabungan syariah yang dibedakan berdasarkan jumlah setoran awalnya. Akan tetapi, untuk segi fitur, semua jenis tabungan syariah Bank Mega ini sangat membantu para pelaku usaha khususnya sektor UMKM.

Berikut ini adalah beberapa ketentuan untuk membuka tabungan syariah Bank Mega:

  • Setoran awal sebesar Rp500 ribu.
  • Bebas biaya administrasi, ketika jumlah saldo rata-rata mencapai di atas Rp5 juta.
  • Fasilitas penuh dengan kartu ATM dan m-banking.

5. Britama BRI Bisnis

Setoran awal untuk jenis rekening bisnis ini yaitu sebesar Rp1 juta. Lalu, untuk saldo minimal per bulan mencapai Rp500 ribu per bulan.

Selain itu, untuk limit transaksi yang dapat Anda lakukan dengan BritAma Bisnis ini yaitu sebesar Rp1 miliar, tentu sangat cocok untuk bisnis dengan skala besar. Adapun, untuk suku bunga per tahun sebesar 1,25%.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka tabungan BritAma Bisnis bisa langsung mendatangi cabang terdekat dan membawa persyaratan kartu identitas KTP, SIUP, serta setoran awal sebesar Rp1 juta.

6. BNI Bisnis Taplus

Sama seperti jenis Mandiri Tabungan Bisnis, tabungan BNI Taplus Bisnis ini juga mengharuskan Anda untuk melakukan setoran awal sebesar Rp 1 juta.

Selain itu, Anda juga perlu membayar biaya administrasi bulanan sebesar Rp10 ribu. Kemudian, fitur dari jenis rekening bisnis ini antara lain, adanya info cash flow pada setiap akhir bulan, m-banking, dan account sweep.

Untuk dapat membuka tabungan BNI Taplus Bisnis ini, berikut adalah syarat yang harus Anda lengkapi:

  • Berusia minimal 17 tahun.
  • Memiliki kartu identitas KTP dan SIUP.
  • Melakukan setoran awal sebesar Rp 1 juta.

7. Tabungan Syariah BSM

Bank BSM, menawarkan sebuah produk tabungan syariah yang bisa Anda gunakan untuk semua keperluan transaksi bisnis.

Tak hanya itu, tabungan ini juga dapat dibuka oleh segala kalangan, dengan syarat yang mudah, dan setoran awalnya hanya sebesar Rp80 ribu (untuk perorangan). Selain itu, untuk jenis non perorangan, minimal setoran awalnya hanya sebesar Rp1 juta. Hal ini sangat terjangkau bagi sektor bisnis UMKM.

8. BTPN Taseto Bisnis

Selanjutnya, rekomendasi rekening bisnis terbaik adalah jenis tabungan BTPN Taseto Bisnis. Produk keluaran Bank BTPN ini menjanjikan kemudahan dalam transaksi keperluan usaha Anda dengan setoran awal hanya sebesar Rp1 juta saja.

Selain itu, jenis tabungan ini juga tidak memiliki biaya administrasi per bulan, lho. Jadi, Anda tidak perlu takut saldo Anda terpotong setiap bulannya karena semua biaya administrasi untuk jenis tabungan ini gratis.

9. Panin Bank Tabungan Bisnis Platinum

Tabungan bisnis platinum dari Panin Bank ini akan memberikan Anda kemudahan dalam melakukan transaksi. Bahkan, tabungan ini juga tidak mengenakan tarif biaya administrasi per bulan.

Untuk setoran awal tabungan ini adalah sebesar Rp1 juta. Selain itu, fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap mencakup m-banking, Appointee, dan Account sweeping.

10. UOB Gold Account

Posisi kesepuluh rekomendasi rekening bisnis terbaik adalah UOB Gold Account. Produk bank asal Singapura ini akan memberikan Anda fasilitas unggul seperti Overdraft safeguard. Juga, sisa dana pada tabungan dapat masuk ke dalam rekening giro nasabah secara otomatis.

Setoran awal jenis tabungan ini adalah sebesar Rp10 juta, dan biaya administrasi per bulan sebesar Rp10 ribu sampai dengan Rp25 ribu.

Penutup

Sekian pembahasan tentang rekomendasi rekening bisnis terbaik untuk sektor usaha UMKM. Pada intinya, semua jenis tabungan memiliki keunggulan masing-masing. Jadi, silakan pilih jenis tabungan sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Sumber: The post 10 Rekomendasi Rekening Bisnis Terbaik untuk Usaha UMKM! appeared first on Dewan UKM Sumut.

 

Bisnis UKM: Info Bisnis UKM, Pengertian Bisnis UKM, Ulasan Bisnis UKM, Layanan Bisnis UKM, Strategi Bisnis UKM, Tips Bisnis UKM, Kredit Bisnis UKMM, Kredit UKM, Peluang Usaha Bisnis UKM, Berita Bisnis UKM, Pembiayaan UKM, Pelatihan UKM

Bisnis UKM